Potensi Tanaman Aren dan Palma Lainnya di Kabupaten Tasikmalaya, Kerjasama dengan Balit Palma.

Jumat 09 April 2021 berlokasi di Ruang Rapat Aren, Balai Penelitian Tanaman Palma, Dr. Ir. Ismail Maskromo, M.Si didampingi oleh beberapa peneliti telah menerima Kunjungan Kerja dari  Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, Propinsi Jawa Barat.

Kunjungan kerja ini terdiri dari Pejabat Struktural Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, beberapa diantaranya adalah Sekretaris Bappeda Kab. Tasikmalaya, Drs. Aam Rahmat Selamet, M.Pd.; (Plt) Kadis Pertanian Pangan dan Perikanan Kab. Tasikmalaya, Drh. H. Idik Abdullah, MM; dan Kasubbag PEP Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Gungun Gunawan, S.Sos.

Setelah mengunjungi sentra pertanaman dan produksi Aren di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, team kerja dari Kabupaten Tasikmalaya sangat tertarik untuk melakukan pengembangan Aren di Kabupaten Tasikmalaya. Kunjungan di Balit Palma, dilengkapi dengan presentasi dari Bapak Kepala Balai, Dr. Ir. Ismail Maskromo, M.Si. dengan design “Color Keren” yaitu kombinasi Tanaman Kopi, Kelor, Kelapa dan Aren. “Supaya petani tidak menunggu lama untuk Aren berbuah yaitu sekitar 6 tahun dan Kelapa Dalam 5 tahun, petani bisa menikmati panen Kopi dan Kelor terlebih dahulu” imbuh Kepala Balit Palma.

 

Prospek yang bisa didapatkan dengan pertanaman Aren yang multiguna selain produksi nira aren untuk kualitas gula yang lebih baik juga dijadikan lokasi ekowisata. Serasa tidak sabar untuk segera merealisasikan prospek tersebut, para pejabat Kabupaten Tasikmalaya berkeinginan untuk melanjutkan dengan adanya MoU Kerjasama dengan Pihak Balit Palma.

Sungguh merupakan kebahagiaan tersendiri bagi Balit Palma untuk membagi informasi dan memperkenalkan teknologi pengembangan Balit Palma di seluruh Nusantara yang pastinya bertujuan akhir untuk meningkatkan pendapatan masyarakat Indonesia.

 

Print Friendly