Perangkap Sexava Tipe Balitka MLA

Hama sexava merupakan salah satu hama penting yang dapat menyebabkan kerusakan serius pada tanaman kelapa. Pengendalian hama ini lebih banyakmenggunakan insektisida, padahal sudah tersedia teknik pengendalian yang rama lingkungan dengan menggunakan perangkap sexava tipe Balitka MLA yang dapat digunakan secara tunggal atau dikombinasikan dengan penggunaan lem serangga. Perangkap sexava tipe Balitka MLA dirancang berdasarkan perilaku hama sexava yang aktif pada malam hari dan dapat berpindah dari satu pohon ke pohon lainnya dengan berjalan pada batang kelapa. Perangkap dipasang pada batang kelapa dengan ketinggian 1 – 1,5 m dari permukaan tanah. Jumlah minfa dan imago yang terperangkap adalah 1 -7 individu/phn/hari atau 30 – 210 individu/phn/bulan.

Perangkap ini juga dapat memfasilitasi musuh alami sesuai predator laba-laba dan cocok mempermudah memangsa hama sexava. Jumlah ninfa yang terjerat pada lem serangga selama tiga bulan bervariasi antara 106 – 131 individu. Perangkap ini lebih efektif untuk ninfa di bandingkan dengan imago sexava dan lebih potensial. Jika diaplikasikan secara bersama-sama dengan pengendalian hayati dan diharapkan teknik ini dapat mengantikan penggunaan insektisida pada daerah serangan sexava.

Deskripsi:

Perangkap Sexava efektif dalam menangkap nimfa yang baru ditetaskan, imago Sexava betina yang meletakaan telur di tanah dan nimfa serta imago yang hendak berpindah ke pohon kelapa lain.  Perangkap hama kelapa Sexava bersifat aman terhadap lingkungan hidup. Perangkap hama kelapa Sexava dibuat dari bahan kain yang dapat dibongkar-pasang yang terdiri dari kain berwarna hitam, kawat, tali, dan perekat. Perangkap dipasang pada batang kelapa pada ketinggian 1-1,5 m dari permukaan tanah, bagian atas diikat dengan tali seperti memasang rok terbuka dari atas sampai ke bawah, kemudian perekatnya direkatkan satu dengan lainnya sehingga membentuk perangkap.  Perangkap yang terpasang pada batang kelapa dapat menghalangi nimfa dan imago yang akan naik ke pohon kelapa untuk mencari makan sehingga dapat memudahkan untuk mengoleksinya baik oleh orang dewasa maupun anak-anak. Dengan perangkap ini juga dapat menunjang program pemerintah daerah yang menganjurkan keterlibatan seluruh masyarakat termasuk anak-anak sekolah dalam usaha pengendalian hama Sexava di lapangan. Perangkap ini digunakan untuk mengendalikan hama Sexava yang menyerang tanaman muda (belum berproduksi) dan tanaman kelapa yang sudah berproduksi.

Print Friendly