Penerimaan Magang Mahasiswa UNSRAT Jurusan Teknologi Pertanian, PRODI Ilmu Pangan di Balit Palma

Balit Palma telah ditetapkan oleh Kemenristek Dikti sebagai Pusat Unggulan IPTEK Kelapa dan diperpanjang sampai Tahun 2022. Program Mas Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makariem, B.A., M.B.A yaitu program Merdeka Belajar membuat mahasiswa bebas memilih tempat belajarnya, seperti magang di Balit Palma. Belajar tidak harus di kampus tetapi bisa juga di luar kampus. Begitu disampaikan oleh Kepala Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma) Dr.Ir. Ismail Maskromo, MSi dalam acara pembukaan penerimaan magang mahasiswa Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) di Ruang Aren Balit Palma. Kepala Balai didampingi oleh Koordinator Program Dr, Asthuti Irundu, S.Hut., MP bersama dengan Kepala Seksi Pelayanan Teknik Esther Kawalo, S.St. Hadir dalam kesempatan ini Peneliti Pascapanen Suzanne Liwu, STP, MSi, dan Staf Seksi Jasa Penelitian/Peneliti Pascapanen Adhitya Y. Pradhana, STP, MSi.

Pada kesempatan ini mahasiswa magang yang saat ini telah menginjak Semester ke-7 berjumlah 10 orang, mereka didampingi oleh Kaprodi Ilmu Pangan Ir. Tineke Langi, MSi, dan Dosen Pendamping Jolanda Ch. E Lamaega, S.TP.,M.Si. Beliau berpesan agar mahasiswa dengan baik dapat menyerap ilmu dari pembimbing/mentor selama satu bulan ke depan sehingga dapat belajar bekerja atau praktek di Instansi Penelitian seperti Balit Palma, sebagai bekal gambaran dunia kerja.

Kepala Balit Palma menambahkan bahwa di Balit Palma terdapat unit-unit pengolahan pangan, seperti unit pengolahan minyak VCO, gula kelapa, nata de coco, ice cream VCO, selain itu juga mempunyai Laboratorium Pengolahan Hasil. Kegiatan magang ini akan membuka wawasan dan ide-ide brilian disertai dengan membaca artikel/jurnal terkait dengan pengolahan pangan berbasis tanaman palma sebagai pangan fungsional yang merupakan salah satu program prioritas penelitian Balit Palma untuk lima tahun ke depan. (AYP, 14092020)

Print Friendly