Penandatanganan Komitmen Bersama Keterbukaan Informasi Publik di BALIT PALMA

Dalam rangka memberikan layanan informasi publik kepada masyarakat untuk mendukung Pertanian Maju, Mandiri dan Modern, Balit Palma melaksanakan Penandatanganan Komitmen Bersama Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di lingkungan Balit Palma pada Hari Senin, 28 Juni 2021. Hal ini untuk mendukung penuh pelaksanaan keterbukaan informasi publik di lingkungan Balit Palma melalui penyediaan anggaran, sarana dan prasarana pendukung, SDM yang kompeten serta pengelolaan dan pelayanan informasi publik yang cepat, mudah, dan transparan sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Berdasarkan amanat undang-undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) nomor 14 Tahun 2008, masyarakat dijamin untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan kepentingan publik dalam upaya berpatisipasi aktif dalam proses pembuatan kebijakan publik Balit Palma merupakan badan publik dibawah Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian yang wajib memberikan layanan informasi publik yang memadai.

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang “Agriculture Operation Room (AOR)” dilakukan penandatanganan KIP oleh kepala Balit Palma Dr. Ir. Ismail Maskromo, M.Si; Kepala Sub Bagian Tata Usaha Djunaid Akuba, S.Sos; Koordinator Sub Bagian Jasa Penelitian Engelbert Manaroinsong, SP, M.Si; Koordinator Sub Bagian Pelayanan Teknik Ester Kawalo, S.ST , Koordinator Program Palma Dr. Asthutiirundu, S.Hut, MP, dari kelompok peneliti yang diwakili oleh masing-masing ketua kelti, Ir. Miftahorrachman (Kelti Pemuliaan dan Plasma Nutfah, Yulianus R. Matana, SP, M.Si (Kelti Ekofisiologi) dan Prof.Dr.Ir. Meldy L.A Hosang, MS (Kelti Entomologi dan Fitopatologi), Manajer standar mutu laboratorium Dr. Novalisa T.E. Lumentut, SP, M.Sc, serta Pengelola PPID Adhitya Y. Pradhana, MSi, Fandy Fardian, ST, Soraya Pangalima, SP, Oktavia Raranta, SH.

Dengan adanya komitmen dalam hal keterbukaan informasi publik, layanan informasi publik diharapkan para stake holder atau masyarakat lainnya dapat mendapatkan informasi tentang tanaman palma dengan mudah, cermat, cepat, dan akurat dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. (AYP dan EM, 28/6/2021)

Print Friendly