Weda Makarti Mahayu, SP

weda

Nama:

Weda Makarti Mahayu, SP

Unit Kerja:

Balai Penelitian Tanaman Palma

Pendidikan:

S1

Jabatan:

Peneliti Pertama

Bidang Penelitian:

Pemuliaan dan Genetika Tanaman

E-mail:

balitka@litbang.deptan.go.id

wedamakartimahayu@gmail.com

Komoditas

Tanaman Palma

Profil

Profil

Weda Makarti Mahayu, SP menyelesaikan pendidikan dengan gelar Sarjana Pertanian pada jurusan Budidaya Pertanian dengan program studi Pemuliaan Tanaman pada tahun 2006 di Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.

Yang bersangkutan diterima sebagai CPNS Kementerian Pertanian pada tahun 2011 dan bekerja sebagai staf peneliti di Kelompok Peneliti Pemuliaan, Plasma Nutfah dan Perbenihan, Balai Penelitian Tanaman Kelapa dan Palma Lain Manado.

Jenjang fungsional yang bersangkutan diawali dengan jabatan Peneliti Pertama pada tanggal 1 Oktober 2014 dengan bidang keahlian Pemuliaan dan Genetika Tanaman. Yang bersangkutan telah mempublikasikan sekitar 7 karya tulis ilmiah baik sebagai penulis tunggal maupun penulis utama yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah maupun prosiding. Yang bersangkutan pernah mengikuti beberapa pelatihan karya tulis ilmiah dan pelatihan mengenai bidang ilmu pemuliaan tanaman.

Daftar Karya Tulis Ilmiah :

  1. Mahayu W. M. dan Miftahorrachman. 2012. Identifikasi Sistem Penyerbukan Pinang Malinow-1 dan Mongkonai. Buletin Palma 13 (1): 22-26.
  2. Mahayu W. M. dan Elsje T. Tenda Status Konservasi Sumberdaya Genetik Aren di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Aren. Balikpapan, 26-27 September 2012.
  3. Mahayu W. M. Peluang Perakitan Aren Hibrida untuk Peningkatan Produksi Nira Aren. Prosiding Seminar Nasional Aren. Balikpapan, 26-27 September 2012.
  4. Mahayu W. M. 2013. Pengaruh Kejut Suhu terhadap Masa Dormansi dan Viabilitas Benih Aren ( Arenga pinnata Merr.). Buletin Palma 14 (2): 125-131.
  5. Mahayu W.M., Sunarto dan Loekas Soesanto. 2013. Ketahanan Delapan Genotipe Kedelai Terhadap Penyakit Karat pada Perlakuan Pemupukan P dan Inokulasi Patogen Karat. Jurnal Ilmu Pertanian Eugenia 19 (1): 48-56.
  6. Mahayu W. M. dan Donata S. Pandin. 2013. Kriteria Masak Fisiologis Bunga Jantan Pinang dan Uji Viabilitas Polen Pinang Galang Suka pada Media agar. Buletin Palma 14 (2): 132-141.
  7. Mahayu W. M. dan Hengky Novarianto. 2014. Karakteristik Generasi selfing Kelapa Dalam Mapanget untuk Seleksi Pohon Induk Sumber Polen. Buletin Palma 15 (1): 24-32.
Print Friendly