Temu Teknis Jabatan Fungsionak Teknisi Litkayasa Lingkup BALITBANGTAN Tahun 2020.

Temu Teknis Jabatan Fungsional Teknisi Litkayasa Lingkup Balitbangtan Tahun 2020 diselenggarakan pada tanggal 18-19 November 2020 secara fisik di Bogor dan virtual dari instansi masing-masing. Kegiatan yang mengusung tema “Peran Strategis Pejabat Fungsional Teknisi Litkayasa Mendukung Pertanian Maju, Mandiri, Modern (3M)” dihadiri oleh Sekretaris Badan Litbang Pertanian Bapak Dr. Ir. Haris Syahbuddin DEA, Nara Sumber dari BPPT Selaku Instansi Pembina Teknisi Litkayasa, Nara Sumber dari Dewan Redaksi Butelin Teknik Pertanian, Tim Evaluator Makalah dan peserta sebanyak 85 orang baik yang hadir secara fisik maupun mengikuti secara virtual.

Dalam arahannya Sekretaris Balitbangtan menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pembinaan, pengembangan karir dan peningkatan kapasitas Teknisi Litkayasa. Teknisi Litkayasa merupakan komponen utama dalam SDM Balitbangtan yang harus selalu meningkatkan kapasitas diri untuk menunjang pekerjaan pelayanan penelitian. Selain itu juga disampaikan kepada semua ASN untuk selalu bersyukur, karena di tengah masa pandemi ini masih bisa bekerja dan memperoleh pendapatan seperti biasanya. Salah satu wujud rasa syukur itu adalah dengan cara bekerja yang rajin, sungguh – sungguh dan tertib meskipun sebagian ada yang diijinkan untuk bekerja dari rumah.

Selanjutnya pada penyampaian materi dari pemakalah utama, keduanya berkaitan dengan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Teknisi Litkayasa dituntut untuk bisa mendiseminasikan hasil pekerjaannya agar diketahui dan dapat dimanfaatkan oleh orang lain. Oleh karena itu, peningkatan kemampuan penulisan harus terus diasah agar semakin baik. Dewan Redaksi Buletin Teknik Pertanian siap untuk memberikan bimbingan dan pendampingan dalam penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Teknisi Litkayasa.

Balitpalma sendiri pada kesempatan ini mengirimkan 8 peserta dengan 4 pemakalah secara virtual, yaitu:
1. Silpha Mangudisang, Junus Sajangbati, dan Leman L. Raranta
2. Toni Surya Hidayat
3. Asnawi
4. Nugroho Utomo dan Helmitar Yulia.
Semua makalah tersebut telah diterima dan dipresentasikan secara virtual serta nantinya akan diterbitkan pada Prosiding Temu Teknis Pejabat Fungsional Teknisi Litkayasa tahun 2020. Semoga acara ini dapat memacu Teknisi Litkayasa untuk meningkatkan kemampuan dalam pelayanan penelitian, terus berinovasi dan menghasilkan Karya Tulis Ilmiah yang baik.
(Tim Teknisi Litkayasa, 2020).

Print Friendly