Sosialisasi PPID untuk Meningkatkan Pelayanan Publik

Kepala Balai Penelitian Tanaman Palma, Dr. Ir. Ismail Maskromo, M.Si menyampaikan komitmen bahwa Balit Palma, Badan Litbang Pertanian, Kementan siap untuk melaksanakan Pelayanan Publik secara maksimal dan transparan. Komitmen tersebut disampaikan pada sosialisasi Pejabat Pengelola Pelayanan Publik (PPID) bagi seluruh karyawan yang berlangsung di Auditorium Cocos, Balit Palma pada Selasa 13 Juni 2017. Untuk mempercepat pelaksanaan komitmen tersebut, 2 peneliti Balit Palma yaitu Dr. Steivie Karouw, STP, M.Sc dan Ir. Arie Lolong, MS telah melakukan studi banding pengelolaan PPID di Balai Penelitian Tanaman Industri (Balittri) Sukabumi pada akhir Mei 2017. Hasil kunjungan tersebut segera akan diimplementasikan di Balit Palma Manado.

Kesiapan infrastruktur, SDM yang memadai serta penetapan Balit Palma sebagai Pusat Unggulan Kelapa (PUI Kelapa) pada Tahun 2016 oleh Kemenristek Dikti menuntut segera dilaksanakannya peningkatan pelayanan publik melalui PPID. Laboratorium Pengujian Balit Palma sudah ditetapkan oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) sebagai Laboratorium terakreditasi ISO 17025:2008 dan pada Tahun 2017 telah dilakukan surveilan, hasilnya menyatakan Laboratorium Balit Palma kembali dapat mempertahankan akreditasinya. Untuk menjamin keterukuran pengelolaan manajemen, Balit Palma sejak awal tahun 2010 telah memperoleh sertifikat ISO 9001:2008. Balit Palma juga memiliki Jurnal terakreditasi LIPI dengan nama Buletin Palma sebagai sarana bagi para peneliti dalam mempublikasikan hasil penelitian. Semua pencapaian tersebut dapat diakses secara lengkap melalui Website Balit Palma (balitka.litbang.pertanian.go.id)

Pencapaian tersebut, mendorong pimpinan Balit Palma dan seluruh karyawan untuk berkomitemen meningkatkan standar pelayanan publik. Standar Pelayanan Publik (SPP) tersebut selanjutnya akan disosialisasikan kepada stakeholder melalui acara Publik Hearing yang akan diagendakan dalam waktu dekat ini. Melalui kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas pasti semua program akan terlaksana.

Print Friendly