Rapat Pembekalan Persiapan Monitoring Evaluasi Pusat Unggulan Iptek dan Koordinasi Pelaksanaan Sinergi Unggulan PUI Tahun 2018

Direktorat Lembaga Litbang Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dalam rangka sinergi pelaksanaan rencana kerja Pusat Unggulan Iptek (PUI) Tahun 2018, mencakup kegiatan sourching-absortive capacity, R&D capacity dan disseminating capacity serta penguatan jejaring Lembaga Litbang Pusat Unggulan Iptek, telah menyelenggarakan Rapat Pembekalan Persiapan Kunjungan Monitoring – Evaluasi PUI Tahun 2018 dan Koordinasi Sinergi Unggulan PUI Tahun 2018 pada Kamis tanggal 6 September 2018. Kegiatan dilakukan di Ruang Komisi Utama, Gedung II BPPT di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat. Kegiatan ini dibuka oleh Ir. Kemal Prihatin, MS selaku Direktur Lembaga Litbang, Direktorat Lembaga Litbang Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang dihadiri oleh 78 Perwakilan Lembaga PUI di Indonesia. PUI Kelapa (balit Palma, Balitbangtan) diwakili oleh Ir. Jeanette Kumaunang, MSc dan Meity A. Tulalo, SP, MP. Selanjutnya Bapak Yudho Baskoro Muriadi, S.Sos., M.Si., MPP yaitu Kasubdit Lemlitbang Pemerintah Pusat memaparkan tentang Instrumen Monitoring Evaluasi Pembinaan PUI 2018 yaitu system yang diberlakukan yang mengalami beberapa perbaikan mendasar untuk klaim indicator dan persiapan pelaksanaan kunjungan Monev PUI yang dijadwalkan mulai bulan Oktober 2018.

Pada Sesi kedua setelah ISHOMA acara dilanjutkan dengan Koordinasi Pelaksanaan Sinergi PUI tahun 2018, dengan pemaparan platform Sinergi yang telah terbentuk dari 78 Lembaga Litbang PUI mencapai 1600 simpul sinergi baik dalam input, proses dan output. Acara dilanjutkan dengan bekerja bersama/diskusi antar Libang Unggul yang telah bersinergi pada Rakor bulan Mei 2018. Balit Palma sebagai Lembaga PUI Kelapa dalam keterlibatan sinergi dengan beberapa Lembaga Litbang Unggul yaitu 1. End produk Pallet Balok Laminasi berbasis batang kelapa bekerjasama dengan Pusat Penelitian Biomaterial, Balai Besar Kimia Kemasan; 2. Teknologi intercropping kelapa dengan Balitkabi, Balitserealia dan Balitjestro; 3. Efisiensi pemupukan P pada tanaman kelapa dan kelapa sawit dengan PAIR BATAN. Besar harapan dari sinergi yang tercipta antar Lembaga Litbang Unggul PUI akan menghasilkan produk-produk akhir yang berdaya saing tinggi dan dapat menjawab tantangan inovasi di masa depan.

Acara Rapat Koordinasi diakhiri dengan sesi terakhir berupa arahan dan tindak lanjut Pelaksanaan Sinergi Unggulan PUI 2018 dengan Rancangan Jambore PUI tahun 2018 yang dimulai September 2018 dan Rancangan Deklarasi PUI tahun 2018 yang direncanakan bulan Desember 2018.

Print Friendly