Rapat Koordinasi Balitbangtan Terkait APBN 2017

Bertempat di Grand Clarion Hotel Makassar, Sulawesi Selatan, diadakan rapat koordinasi Balitbangtan pada tanggal 28 September 2017. Rapat dengan tema “Arah Kebijakan Pengelolaan Saran dan Prasarana Badan Litbang Pertanian”. Balit Palma yang dihadiri oleh KPA Dr. Ir. Ismail Maskromo, M.Si, PPK Engelbert Manaroinsong, SP, M.Si dan PPHP Dahlan Kaunang turut serta dalam kegiatan rapat.

Kabadan Dr. Ir. M. Syakir, MS sebagai narasumber memberi arahan untuk mempercepat pelaksanaan pengadaan sarana dan prasarana terkait APBN 2017 sesuai dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku. Point lainnya dari bapak Kabadan yaitu:

  1.  Modernisasi fasilitas Perbenihan di Balai/kebun Percobaan  dengan memanfaatkan APBNP secara optimal,
  2.  PPK dan penerima barang harus memperhatikan spesifikasi dan kualitas barang  atau bangunan,
  3. Jika ada perubahan spesifikasi dalam proses penyediaan barang agar dibuat adendum.
  4. Agar Balit merencanakan dan menyelenggarakan pelatihan terkait inovasi-inovasi  teknologi tepat guna yang disosialisasikan/dipromosikan pendaftarannya di media sosial.

Arahan dari  Irjen berdasarkan hasil pendampingan di beberapa Balit terkait APBNP 2017 :

  1. Proses penyediaan benih  harus sesuai standar dan aturan yang berlaku (terkait kelas benih, mutu benih dan  sertifikasi),
  2. Administrasi penyediaan benih maupun  pengadaan sarana prasarana harus lengkap dan sesuai dengan aturan,
  3. Koordinasi dengan Ditjen teknis dan pemerintah daerah lokasi penyediaan benih harus segera dilakukan dan dibuatkan MoU untuk memastikan CPCL (Calon Petani Calon Lahan)  menerima dan memanfaatkan benih yang akan dibagikan sesuai tujuan. Untuk Balai komoditi benih bina yang disiapkan untuk pembangunan kebun induk benih.