Praktek Lapang Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi di Balit Palma

Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi melakukan Praktek Lapang terkait dengan Perbanyakan Masal Kelapa melalui Kultur Jaringan dan Praktek Analisa Dampak Lingkungan (AMDAL) di Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma) pada tanggal 6 Nopember 2015. Peserta praktek lapang terdiri dari 50 mahasiswa dari Program Studi Perbanyakan Tanaman, Hama Penyakit, dan Analisis Dampak Lingkungan Fakultas Pertanian yang didampingi oleh 18 Dosen.  Tim dosen diwakili oleh Prof. Dr. Ir. Sjenny Mandang, MS mengadakan diskusi dengan Kepala Balit Palma Ir. Emy Sulistyowati M.Ag, Ph.D. dan beberapa peneliti Balit Palma antara Dr. Ismail Maskromo, Ir. Jeanette Kumaunang, MSc, Meity Tulalo, SP, MP dan Ir. Albert Ilat.

DSC_0217Dalam kunjungan tersebut diawali dengan sambutan selamat datang oleh Kepala Balit Palma, dan pemaparan Inovasi Teknologi Balit Palma dalam lima tahun terakhir yang memancing banyak pertanyaan dari sejumlah mahasiswa terkait perbanyakan tanaman palma baik konvensional maupun non konvensionl (kultur jaringan), manfaat dari tanaman palma khususnya lontar dan nipah, pengembangan kelapa kopyor serta isu lingkungan pertanaman kelapa sawit.  Praktek lapangan yaitu persilangan kelapa dan pengenalan kelapa Kopyor dibawakan oleh Dr. Ismail Maskromo langsung di areal pertanaman kelapa dan praktek kultur jaringan disampaikan oleh Meity Tulalo, SP, MP di laboratorium Kultur Jaringan Balit Palma.

Diharapkan dengan kunjungan Dosen dan mahasiswa dari Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi dapat memacu kolaborasi kerjasama penelitian ke depan dengan Balit Palma sehingga dapat memecahkan masalah dan kendala di dalam pengembangan tanaman palma bersama-sama (jaslit).

 

DSC_0646

DSC_0221