PERSIAPAN VARIETAS KELAPA DALAM UNGGUL UNTUK MENUNJANG PENGEMBANGAN KELAPA DI KABUPATEN KEPULAUAN SULA

Balai Penelitian Tanaman Palma, Balitbangtan telah melaksanakan kegiatan penelitian di Kabupaten Kepulauan Sula sejak tahun 2017. Kegiatan penelitian ini merupakan hasil kerjasama Balit Palma dengan Kab. Kepulauan Sula yg pada tahun 2017 telah ditanda tangani MOU antara Bupati Kab. Sula, bapak Hendra Thes dengan Kepala Balai Penelitian Tanaman Palma, Dr.Ir.Ismail Maskromo, M.Si. Kegiatan penelitian pertama adalah melakukan penelitian, evaluasi dan penilaian BPT kelapa Dalam di beberapa Desa, Kecamatan Pulau Mangole. Hasil yang diperoleh adalah ternyata beberapa BPT memenuhi syarat sebagai sumber benih kelapa Dalam unggul lokal karena memiliki potensi hasil kopra di atas 2 ton/ha/tahun.

Selanjutnya Pemda Kab.Kep.Sula melalui Dinas Pertanian yang dimotori oleh Kadis Pertanian, yaitu bapak Idris Ahmad dilanjutkan dengan seleksi PIT kelapa dari BPT tersebut untuk dinilai dan disertifikasi sebagai sumber benih kelapa Dalam unggul lokal. Tim penilaian, penetapan dan sertifikasi terdiri dari para peneliti pemulia dari Balit Palma, pengawas benih perkebunan dari BBPPTP Ambon, dan Disbun Provinsi Maluku Utara, staf teknis Perbenihan, Dir.Perbenihan, Ditjenbun, Kadis Pertanian dan staf teknis terkait dari Dinas Pertanian Kabupaten Sula. Kegiatan seleksi PIT telah diperoleh sebanyak 1.500 PIT dari beberapa desa di pulau Mangole. Hasil analisis dari produksi PIT dari beberapa desa seperti Mangole, Waitina dan Naflo ternyata potensi produksi kelapa Dalam Sula di atas 3 ton kopra/ha/tahun. Atas prakarsa Kadis Pertanian dan disetujui bapak Bupati Kab.Kep.Sula maka diminta agar Balit Palma membantu melakukan penelitian untuk persiapan pelepasan kelapa Dalam asal pulau Mangole tersebut.

Pada tanggal 23-27 Juli 2018 kegiatan penelitian dilanjutkan dengan melakukan pengamatan morfologi, produksi buah dan analisis komponen buah. Daging buah contoh diambil untuk di proses menjadi kopra di laboratorium Pemuliaan Balit Palma dan selanjutnya akan dianalisis kadar lemak dan kandungan serta komposisi asam lemak. Data penunjang lain telah diambil tanah dan daun kelapa PIT contoh pada leaflet no 14 untuk analisa unsur hara.

Print Friendly