Persiapan Penyaluran Benih Varietas Kelapa Dalam Unggul Asal Gorontalo

Pengembangan tanaman Kelapa di Indonesia telah mendapat perhatian khusus dari Pemerintah khususnya Kementerian Pertanian. Hal ini diwujudkan dengan pengadaan benih sebagai materi pengembangan varietas-varietas kelapa yang telah dilepas sebagai varietas unggul oleh Menteri Pertanian dengan sumber dana APBNP tahun 2017. Provinsi Gorontalo memiliki 3 varietas kelapa unggul yang sudah dilepas oleh Menteri Pertanian yaitu Kelapa Dalam Molawahu (DMU) asal Kab. Gorontalo, Kelapa Dalam Kramat (DKT) asal Kab. Boalemo serta Kelapa Dalam Panua (DPA) asal Kab. Pohuwato.

Pada bulan September-Desember 2017 telah dilakukan seleksi dan pendederan benih sebanyak 88.000 butir yang terdiri dari kelapa DMU 35.000 butir, Kelapa DKT 30.000 butir dan Kelapa DPA 23.000 butir. Pendederan dilakukan 2 tahap yaitu bulan September/Oktober dan bulan Desember 2017. Pengamatan terakhir sebelum penyaluran dilakukan pada tanggal 30 Januari-2 Februari 2017 dengan hasil:

Secara keseluruhan Penampilan bibit kelapa DMA di Batudaa, kelapa DKT di Paguyaman dan DPA di Popayato semua baik jumlah daun berkisar 4-5 helai rata- rata benih siap salur 85,4 %, dengan rincian:

  • Siap salur bulan Maret: DPA 22500 cikal, DKT 20000 cikal dan DPA 11700 cikal.
  • Penyaluran bulan April: DPA 9000 cikal, DKT 4000 cikal dan DPA 8000 cikal.

Setelah diperoleh data benih siap salur, berdiskusi dengan Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo bersama staf terkait sekaligus melaporkan ketersediaan benih siap salur. Hasil diskusi sebagai berikut :

  • Benih Kelapa Dari Balit Palma Litbangtan Kementan akan disalurkan di 5 Kabupaten yaitu Kab Gorontalo, Gorontalo Utara, Boalemo, Pohuwato, dan Bone Bolango.
  • Semua CPCL penerima disetiap Kabupaten telah terdaftar.
  • Biaya angkutan benih sudah tersedia di APBD Dinas Pertanian Prov. Gorontalo tahun 2018.

Tindak lanjut sehubungan dengan penyaluran benih yang harus dilakukan oleh Balit Palma adalah segera menyurat kepada Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Perkebunan Prov. Gorontalo untuk melakukan sertifikasi benih siap salur pada kelapa DMU, DKT dan DPA. Semoga Kelapa semakin berjaya dan Petani Kelapa semakin sejahtera.(ET,2018)