PERSIAPAN PELEPASAN VARIETAS PINANG ASAL KOTA KOTAMOBAGU

Dalam kunjungannya pada Minggu, 11 Desember 2016 Dr.Ir.Ismail Maskromo, Msi Kepala Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma) bersama Tim Peneliti Pinang Balit Palma Ir.Miftachurohman, dkk ke Kotamobagu untuk persiapan pelepasan Varietas Unggul Pinang yang bersal dari wilayah ini mendapatkan respon positif dan dukungan yg sangat baik dari Ibu Walikota Ir. Hj. Tatong Bara.

Pinang yang wilayah penyebaran populasinya berada di desa Molinow, Mongkonai. Pobundayan, dan Bilalang Baru Kota Kotamobagu ini memiliki keunggulan ukuran buah yang besar, kadar tannin yang tinggi dan juga potensi produksi yang tinggi.
Sesuai usulan ibu Walikota varietas ini akan diberi nama “Pinang Bulawan” yang artinya adalah “Pinang Emas”. Rencana pelepasannya akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2017 dengan kehadiran beliau dalam sidang pelepasan.
Pasca pembicaraan panjang dengan Kepala Balit Palma dan Tim Peneliti Pinang, Ibu Walikota Kotamobagu berencana melakukan beberapa tindak lanjut sebagai berikut:
a. Gerakan menanam pinang 10 pohon per-keluarga di pekarangan masing-masing untuk menjaga kelestarian plasma nutfah pinang Bulawan.
b. Pembangunan kebun sumber benih minimal 5 ha.
c. Pengembangan pinang Bulawan secara besar-besaran untuk menjadikan Kota Kotamobagu sebagai sentra pinang di Indonesia Timur, sekaligus meningkatkan pendapatan masyarakat. (harga pinang kering saat ini adalah Rp.15 ribu/kg)
d. Sosialisasi teknik budidaya, pasca panen dan pemasaran pinang kepada Pemda dan masyarakat Kota Kotamobagu.

Diluar perbincangan tentang Pinang ibu Walikota juga membuka peluang pogram kerjasama tentang:
1. Peningkatan kualitas gula aren di Moyag dan Kopandakan
2. Pengembangan Aren Genjah Kutim di sentra aren Kotamobagu
3. Pengembangan varietas kelapa Genjah dan Hibrida untuk produksi nira sebagai alternatif penghasil gula sehat dengan indeks glikemik rendah.

Print Friendly