Penyerahan Simbolis 5 Unit Pengolahan Kelapa kepada Petani Negeri Laimu Maluku Tengah

Pelaksanaan Bimtek dan Hilirisasi Adopsi Teknologi Kelapa di desa Laimu Seram Selatan Kecamatan Telutih Maluku Tengah Kamis, 21 Oktober 2021 mendatangkan kegembiraan yang besar bagi petani Negeri Laimu oleh karena unit pengolahan minyak yang meliputi alat parut dan alat pengepres santan sangat mereka butuhkan untuk kehidupan sehari-hari utamanya jika ada pesta dan acara besar. Melalui Kegiatan Bimtek ini mereka diajarkan dan diberikan ilmu pengetahuan dan informasi terkait pengelolaan kelapa dari hulu sampai hilir.


Balai Penelitian Tanaman Palma menyerahkan 5 unit pengolahan kepada pemerintah Negeri Laimu yang berupa unit pengolahan minyak, unit pengolahan nata de coco, bangunan unit pengolahan kopra dan bangunan unit pengolahan arang serta satu unit bangunan pembibitan/persemaian kelapa. Penyerahan simbolis dilaksanakan di depan kantor Kecamatan Telutih yang diserahkan langsung oleh Ibu Saadiah Uluputty, ST kepada pejabat pemerintah negeri Laimu. Penyerahan ini disaksikan oleh Kepala Balit Palma Dr. Steivie Karouw, S.TP.,MSc, Kepala BPTP Maluku Tengah Dr. P.R. Matitaputty, Anggota DPRD Maluku Tengah dan Camat Telutih serta petani kelapa yang ada di negeri Laimu Seram Selatan.
Kultur budaya masyarakat Maluku sangat dekat dengan kelapa namun sampai dengan saat ini sangat terbatas dalam update perkembangan teknologi dan pengelolaannya. Pelaksanaan Bimtek dilanjutkan dengan pelaksanaan hilirisasi pengolahan kelapa menjadi gerbang menuju perubahan pengelolaan kelapa di negeri Maluku Tengah khususnya Negeri Laimu. (Ast.10/21)

Print Friendly