PENYERAHAN BIBIT UNGGUL KELAPA MASTUTIN ASAL SUMBAWA-NTB

Pada tanggal 5 April 2018 bertempat di Dusun Bangkong Desa Karang Dima Kecamatan Labuan Badas Kab. Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), telah dilakukan acara serah terima bibit kelapa Dalam Mastutin. Acara didahului dengan sambutan Kepala Balit Palma-Badan litbang Pertanian(Balitbangtan) yang diwakili oleh Ir. Elsje Tenda, MS bersama Ir. Nurhaini Mashud, MS. Dalam sambutan disampaikan bahwa Varietas Kelapa Mastutin merupakan kelapa unggul yang sudah dilepas oleh Menteri Pertanian dan satu-satunya di Provinsi NTB.

Untuk pengembangan tanaman kelapa, benih harus berasal dari varietas unggul yang sudah dilepas oleh Menteri Pertanian. Dalam menunjang program pengembangan kelapa di Indonesia maka Pemerintah melalui APBNP tahun 2017 telah melaksanakan kegiatan pembibitan kelapa di delapan Provinsi yang salah satunya di Provinsi NTB, Kab. Sumbawa. Harapan ke depan kiranya bantuan bibit ini ditanam dan dipelihara dengan baik oleh petani sehingga produksinya akan seperti yang diharapkan yang nantinya akan meningkatkan pendapatan petani kelapa.

Selanjutnya, melalui Kabid Perkebunan H. Syahri, SP, MSi yang mewakili Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa mengatakan bahwa bibit kelapa Dalam Mastutin sebanyak 29.940 akan dibagi pada 11 Kelompok tani dengan luas areal 250 hektar pada Kecamatan Moyo Hulu terdiri dari 9 desa, Kecamatan Lape 1 desa dan kelompok tani Universitas Samawa yang dihadiri langsung oleh Dekan Fakultas Pertanian Syahdi Mastar, MSi. Dalam acara  tersebut dilanjutkan dengan penanaman perdana bibit kelapa Mastutin. Penyerahan bibit unggul kelapa Balitbangtan ini oleh Balit Palma melalui Dinas Pertanian Kab. Sumbawa langsung diserahkan kepada 11 Ketua Kelompok tani, bahkan dua kelompok tani langsung mengangkut bibit kelapa dengan truk sebanyak 6.270 cikal. Antusiasme petani untuk mengembangkan kelapa di Kab. Sumbawa sangat tinggi, sehingga sebelum serah terima bibit mereka telah menyiapkan lubang tanam dan membiayai sendiri angkutan bibit kelapa ke lokasi penanaman. Semoga Tanaman Kelapa semakin jaya dan petani kelapa semakin sejahtera.(ET;NM,2018)

Print Friendly