Peningkatan Kapabilitas Pengelola Publikasi Ilmiah

Balit Palma yang merupakan salah satu unit pelayanan teknis dari Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian, memiliki tugas dan fungsi untuk menghasilkan teknologi dan inovasi pada bidang tanaman palma. Hasil-hasil yang dicapai agar bisa dimanfaatkan oleh para pengguna perlu dideseminasikan melalui berbagai media publikasi baik cetak maupun online. Salah satu media penyebarluasan hasil inovasi teknologi tanaman palma adalah melalui Publikasi ilmiah. Publikasi ilmiah adalah salah satu perwujudan karya dan identitas peneliti serta yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Dalam peningkatan kualitas publikasi maka workshop untuk meningkatkan kapasitas pengelola publikasi dari masing-masing satker lingkup Puslitbang Perkebunan yang dilaksanakan pada Hari Kamis, 5 Juli 2018, bertempat di Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun). Peserta yang hadir adalah pengelola publikasi ilmiah dan dari Balit Palma di wakili oleh kepala seksi jasa penelitian. Acara dibuka oleh Kepala Puslitbangbun yang diwakili oleh Kabid KSPHP, Ir. Jelfina C. Alouw, MSC, PhD. Dalam arahan disampaikan pada tahun 2013, Indonesia masih berada pada peringkat ke-11 diantara negara-negara dikawasan Asia dari sisi kuantitas publikasi ilmiah terindeks scopus, kemudian masuk pada posisi kedua lingkup Asia pada tahun 2018 berdasarkan data dari Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti. Prestasi tersebut perlu dipertahankan bahkan ditingkatkan. Kuantitas publikasi harus berbanding lurus dengan kualitasnya. Diharapkan bahwa peserta workshop bisa menimba ilmu pengetahuan bahkan sharing pengalaman dengan lainnya.

Dalam acara workshop juga disampaikan beberapa materi terkait publikasi ilmiah yang disampaikan oleh beberapa narasumber. Materi Pertama oleh Prof. Dr. Ir. Elna Karmawati, MS menyampaikan materi tentang etika publikasi ilmiah sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari etika penelitian, etika peneliti, etika petugas redaksi. Materi kedua oleh Prof. Dr. Ir. Deciyanto Soetopo, MS yang memaparkan review perspektif sebagai salah satu publikasi ilmiah lingkup Puslitbang Perkebunan dan materi ketiga tentang copyediting baik teori maupun praktek kemudian disampaikan oleh Prof. Dr. Supriadi. Copyediting bertujuan untuk memastikan ide penulis dapat tertulis secara jelas dan mudah dimengerti. Teknis pengelolaan publikasi berbasis Open Journal System (OJS) dan pengelolaan referensi dipandu oleh Bursatriannyo, S.Komp., dan Herwindo Darmawan, S.Kom. Semoga workshop ini bisa memberi manfaat terutama dalam penyebarluasan informasi hasil hasil inovasi teknologi pertanian terutama dalam bidang tanaman palma serta memberikan dampak bagi peningkatan produktivitas dan pendapatan petani menuju kejayaan pertanian Indonesia.(EM,2018)

Print Friendly