PENGEMBANGAN GULA KELAPA DARI VARIETAS KELAPA GENJAH

Gula kelapa yang berasal dari nira merupakan salah satu alternatif untuk mengurangi ketergantungan gula tebu impor. Selain memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dari gula tebu, gula kelapa dapat menjadi pemanis yang aman bagi penderita diabetes karena nilai indeks glikemiknya rendah hanya 35. Varietas Kelapa Genjah dianggap paling ekonomis sebagai penghasil nira karena batangnya yang pendek sehingga lebih mudah menyadap nira.

Hasil penelitian Balit Palma menunjukan produktivitas nira dipengaruhi oleh varietasnya, musim, umur tanaman dan keterampilan menyadap. Hasil penelitian yang dilakukan pada 7 varietas kelapa Genjah (Tabel 1) menunjukkan bahwa Kelapa Genjah Tebing Tinggi (GTT) menghasilkan nira terbanyak, 2172,38 ml/pohon/hari dan paling lama disadap (19,00 hari).

Tabel 1.Produksi nira/pohon/hari dan lama penyadapan beberapa varietas Genjah

Kadar gula nira kelapa Genjah berkisar Antara 13,51%-14,77% dengan derajat kemasaman (pH) 6,17-6,41 telah memenuhi syarat sebagai bahan baku pembuatan gula. Untuk menghindari proses fermentasi, harus digunakan bahan pengawet seperti sabut kelapa yang dimasukkan ke dalam wadah penampung nira sebelum penyadapan.