Mahasiswa Prodi Biologi Fakultas MIPA Universitas Sam Ratulangi Telah Menyelesaikan Kegiatan Merdeka Belajar di Balit Palma

Diawali dengan presentasi 9 (sembilan) mahasiswi peserta kegiatan program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) Universitas Sam Ratulangi Manado telah berakhir  Senin 14 Juni 2021. Seminar dihadiri oleh para dosen Prodi Biologi yang dipimpin oleh Prof. Roni Koneri,  Kepala Balai Dr.Ir. Ismail Maskromo, M.Si., sub kordinator Jasa Penelitian Engelbert Manaroinsong, SP.M.Si  serta dipandu oleh moderator Moh. Roiyan, SP.M.Si.  Seminar presentasi dilaksanakan di ruang rapat “Aren” yang dimulai jam 14:00 sampai selesai. Adapan materi seminar yang merupakan tugas langsung dari peneliti pendamping Dr.Ir. Ismail Maskromo, M.Si untuk me-reviuw artikel ilmiah yang berasal dari jurnal terakreditasi yang ada kaitan dengan komoditas mandat Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma).

 

Berikut judul makalah yang dipresentasikan :

1. Vanesa A. Kanine (18101102048) judul : Sifat Fisik dan Isi Ekstraktif pada Batang Aren.

2. Julia A. Rumbay (18101102041) judul : Adsorpsi Cu(II) Oleh Biosorben Dari Limbah Cangkang Buah Arrenga pinnata Merr yang dimodifikasi Menggunakan Ultrasound.

3. Bethania Cristy Doaly (18101102034) judul : Keragaman Agronomi Tanaman Kelapa Sawit pada Cekaman Kering Periodik.

4. Triayuwulandari Lambani (18101102010) judul : Laju Fotosintesis Pada Tanaman Kelapa Sawit Terinfeksi Karat Daun Cephaleuros Virescens.

5. Bella N. Mustapa (18101102033)  judul : pembuatan pupuk organik dari limbah tandan kosong kelapa sawit (TKKS).

6. Ivana Lyen Manabung (18101102010) judul : Peningkatan Buah Kelapa Sawit (Elaeis Guinensis Jacq) dengan Memanfaatkan Ukuran Pollen dan Waktu dalam Penyerbukan Buatan.

7. Kezia Clara Tiwa (18101102023) judul : Perakaran ex vitro menggunakan ruang pertumbuhan mini meningkatkan induksi akar dan  mempercepat aklimatisasi kelapa Kopyor ( Cocos nucifera L.) bibit yang berasal dari kultur embrio.

8. Putri T. Rondonuwu (18101102043) judul : Karakteristik Nata de Coco dari Tiga Jenis Media Fermentasi Kelapa

9. Celine R. Kaligis (18101102052) judul : Kajian Arsitektur Akar Kelapa Sawit Dengan Variasi Taraf Tanaman Dan Jenis Tanah Yang Rentan Terhadap Kekeringan.

Para dosen pembimbing lapangan dari prodi Biologi yang mengikuti secara langsung memberi apresiasi terhadap aktivitas mahasiswa selama berkegiatan di kantor penelitian Balit Palma, sekaligus mengucapkan terima  kepada pihak Balit Palma yang telah menerima peserta merdeka belajar ini pada kali yang kedua. Hal yang sama juga disampaikan kepala Balit Palma dalam menanggapi secara umum materi yang dipilih memiliki bobot yang cukup tinggi dan bisa dibawakan secara baik oleh peserta. Walaupun demikian masih ada kekurangan-kekurangan tetapi oleh kepala balai langsung memberi masukkan serta koreksi terkait cara penyampaian, ukuran font dan latar belakang power point agar supaya audiens dapat mengerti apa yang disampaikan.  Kepala Balai juga sangat menyambut program ini dan berharap masih terus dilanjutkan pada periode-periode berikutnya walaupun masih dalam keadaan pandemi Covid-19.

Setelah acara seminar dilanjutkan dengan acara penarikan dan penyerahan mahasiwa program Kampus Merdeka dan ditutup secara resmi oleh kepala Balit Palma. Diharapkan dengan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka ini akan memberikan banyak ilmu, pengalaman langsung tentang tanaman palma. Acara ditutup dengan foto Bersama didepan kantor Balai Penelitian Tanaman Palma (EM, 06/2021).

Print Friendly