Pemda Sumbar Siap Adopsi Teknologi Balitbangtan

Selasa sore 26 Juni 2018, tiga UPT Balitbangtan bertatap muka dengan Gubernur Sumatera Barat Prof Dr. Irwan Prayitno. Tim Balitbangtan yang diwakili kepala BPTP Sumbar Dr. Jekvy, kepala Balitbu Dr. Elina Mansyah dan kepala Balit Palma Dr. Ismail Maskromo, menyampaikan mandat masing-masing UPT dan komitmen Balitbangtan Kementan mendukung pembangunan pertanian di Sumatera Barat. Hadir dalam tatap muka tersebut Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Barat Ir.Candra MSi dan Kepala BKP Ir. Efendi MP, peneliti Balit Palma Dr. Donata dan para peneliti perwakilan Balitbu dan BPTP Sumbar.

Pada kesempatan tersebut Kepala BPTP Balitbangtan Sumbar menyampaikan tentang dukungan Balitbangtan terhadap pembangunan pertanian di Sumbar meliputi pengawalan target Luas Tambah Tanam (LTT) Padi dan Serapan Gabah (Sergab) melalui koordinasi dengan Dinas Pertanian, BKP dan Bulog Sumbar. Selain itu disampaikan tentang kegiatan padu padan tanaman perkebunan dan hortikultura yang baru dilaksanakan hari Senin 25 Juni di BPTP Sumbar. Selanjutnya Kelapa Balai Penelitian tanaman Buah Tropika menyampaikan tentang rencana pelaksanaan launching inovasi teknologi buah tropika pada pertengahan bulan Agustus 2018. Dalam acara tersebut akan ditampilkan inovasi terbaru Balitbu dan BPTP Sumbar, didukung Balit Palma dan BPTP lainnya dari wilayah terdekat.

Kemudian Kepala Balit Palma menyampaikan tentang keberadaan, potensi dan pengelolaan koleksi plasma nutfah kelapa sawit nasional di KP. Sitiung, Kab. Damasraya, Sumbar. Juga disampaikan terkait pelaksanaan rencana pertemuan konsorsium sawit di Sitiung bulan Agustus 2018 mendatang.

Print Friendly