Pemda Pangandaran Tertarik Kembangkan Varietas Unggul Kelapa Balitbangtan.

Pemda Kabupaten Pangandaran  dipimpin langsung Bupati H. Jeje Wiradinata melakukan kunjungan kerja ke Balit Palma, Balitbangtan di Manado pada hari Sabtu, 7 Oktober 2017. Ikut  hadir juga anggota DPRD, Sekretaris Dinas Pertanian, pengusaha dan petani penghasil gula kelapa dari Kabupaten yang terkenal dengan pantai indah Pangandaran tersebut. Rombongan berjumlah 21 orang diterima Kepala Balit Palma, Pejabat Struktural dan para Peneliti di gedung Taman Sains Pertanian (TSP) Bioindustri Palma Mapanget.

Bupati mengharapkan dukungan inovasi teknologi Balit Palma, Balitbangtan terhadap program pengembangan kelapa di Pangandaran, terutama bahan tanaman unggul. Menurut Bupati, varietas unggul kelapa yang diperlukan untuk peremajaan di Pangandaran adalah kelapa  untuk produksi nira, kelapa muda (Deugan) dan kelapa untuk santan awet. Kondisi pertanaman kelapa yang sudah tua dan terlalu tinggi perlu diganti dengan kelapa Genjah atau Hibrida untuk memudahkan penderesan nira.

Kebutuhan buah  kelapa muda yang sangat tinggi mendukung sektor pariwisata juga perlu segera dipenuhi. Selain itu kebutuhan kelapa butiran untuk produksi santan awet dan air kelapa kemasan dari PT. Pacific Eastern Coconut Utama juga terus meningkat sehingga tidak cukup dipenuhi dari Pangandaran. Kepala Balit Palma Dr. Ismail Maskromo menyampaikan kesiapan Balitbangtan mendukung program perkebunan khususnya tanaman palma dengan inovasi-inovasi teknologi bahan tanaman, budidaya dan pengolahan hasil. Pada pertemuan tersebut telah  disepakati untuk ditindaklanjuti dengan kerjasama antara Balitbangtan, Kementan dengan Pemda Pangandaran untuk pengembangan tanaman palma.(IM,2017)