Pembukaan Magang Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP), UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO (UNG)

Balit Palma merupakan institusi penelitian yang telah dipercaya oleh Perguruan Tinggi untuk mengasah keterampilan dan pola pikir mahasiswanya dengan kegiatan praktek kerja/magang mahasiswa. Sebanyak 5 orang mahasiswa semester 6 Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP), Fakultas Pertanian, Universitas Negeri Gorontalo (UNG), hadir di Balit Palma dalam rangka pembukaan magang mahasiswa. Mereka didampingi oleh Ir. Zainuddin A. K. Antuli, M.Si sebagai ketua jurusan ITP. Kegiatan magang mahasiswa ini akan dilaksanakan selama 2 Bulan dimulai dari tanggal 20 Juni – 20 Agustus 2019 (44 hari kerja). Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Ibu Plh Kepala Balit Palma, Dr. Steivie Karouw, STP, MSc, dan dihadiri oleh peneliti pascapanen sekaligus sebagai pembimbing mahasiswa, Ir. Rindengan Barlina, MS dan Adhitya Y. Pradhana, STP, MSi beserta dengan 4 teknisi litkayasa bidang pascapanen, selain itu dihadiri juga oleh Bagian Kerjasama Seksi Jasa Penelitian (Jaslit), Kartini Kawuwung, SE dan staf jaslit.

Dalam sambutanya, ibu Plh kepala Balit Palma sangat mengapresiasi program studi ITP, Fakultas Pertanian yang telah memercayakan Balit Palma sebagai salah satu institusi tempat untuk dilaksanakan program magang. Beliau menjelaskan di Balitpalma terdapat 3 kelompok peneliti diantaranya 1) Pemuliaan, plasma nutfah dan perbenihan, 2) Entomologi dan Fitopatologi, dan 3) Ekofisiologi. Pascapanen sendiri merupakan bagian dari kelti ekofisiologi bersama dengan agronomi dan sosial ekonomi. Kegiatan magang ini juga merupakan bagian dari diseminasi teknologi dari Balit Palma. Ir. Zainuddin A. K. Antuli, M.Si sebagai ketua jurusan ITP, dalam sambutannya juga menyampaikan apresiasinya terhadap SDM peneliti dan teknisi Balit Palma yang telah membimbing mahasiswanya. Jurusan ITP UNG sudah sebanyak 4 kali mengirim mahasiswa magang dalam kurun waktu 4 tahun ini. Kegiatan magang yang dilakukan seperti pembuatan produk dari palma beserta dengan analisis laboratorium dan pembuatan laporan hasil magang.

Semoga dengan adanya kegiatan magang ini dapat membantu generasi penerus bangsa untuk memahami permasalahan di bidang pascapanen palma dan memperoleh solusinya untuk meningkatkan nilai tambah produk olahan palma dan bermuara pada kesejahteraan petani. (AYP, 2019)

Print Friendly