Saadiah Uluputty ST Buka Kegiatan Bimtek Dan Hilirisasi Adopsi Teknologi Kelapa Di Negeri Laimu Seram Selatan Kabupaten Maluku Tengah

Rangkaian Kegiatan Bimtek dan Hirilisasi di Negeri Laimu di awali dengan pembukaan, kemudian dilanjutkan peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya dan sambutan-sambutan dari beberapa pejabat yang hadir pada kegiatan Bimtek dan hilirisasi (rabu, 21 Oktober 2021).
Ibu Saadiah Uluputty, ST yang adalah Anggota Komisi IV DPR-RI mengatakan bahwa filosofi untuk membangun masyarakat Maluku adalah sesuai dengan pepatah bahwa titik-titik jika tidak bisa dihubungkan menjadi garis maka akan menghasilkan ketidakstabilan begitupula ketika garis –garis tidak bisa dihubungkan menjadi garis yang lurus maka akan akan menciptakan ketidakseimbangan. Sehingga untuk membangun masyarakat Maluku yang sejahtera.

Kepala Balit Palma Ibu Dr. Steivie Karouw, S.TP.,M.Sc mengungkapkan bahwa Bimtek dan Hilirisasi Adopsi Teknologi Kelapa di Negeri Laimu menghadirkan peneliti dari Balit Palma yang memiliki ilmu dan kepakaran yang mumpuni untuk membagikan ilmunya sampai dengan praktek penggunaan dan aplikasi alat akan didemontrasikan di depan Masyarakat Negeri Laimu. Petani pada umumnya tidak mengetahui update pengolahan kelapa saat ini sehingga kegiatan bimtek dan hilirisasi ini akan sangat membantu dalam perluasan pengetahuan dan pengembangan ilmu pengetahuan bagi petani. Sebagaimana slogan Kementan adalah Bagaimana menggenjot pertanian dengan tiga hal yaitu Maju – Mandiri – Modern.

Petani di Maluku ini memiliki latar belakang petani yang ulet, pekerja keras dan bangga menjadi petani, namun kita harus pikirkan bagaiman cara agar supaya petani-petani kita bisa memperoleh nilai tambah bagi kehidupan mereka. Jika hulunya bagus maka hilirisasinya perlu di mantapkan juga. Harapan kami bahwa dari proses pengembangan hilirisasi kelapa dapat menarik minat inverstor dan membuat masyarakat terhubung dengan para investor sehingga mereka akan mendapatkan multiplier effect. (Ast.10/21)

Print Friendly