Pelatihan Budidaya dan Pengolahan Aneka Hasil Tanaman Kelapa

Pelatihan Budidaya dan Pengolahan Aneka Hasil Tanaman Kelapa kepada Petani Dan Manajemen Solid Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Sula Provinsi Maluku Utara telah dilaksanakan di Balai Penelitian Tanaman Palma. Pelatihan ini diikuti 28 orang peserta selama 5 hari, dimulai sejak tanggal 13 – 17 November 2015.  

sula1Acara pelatihan ini diawali dengan sambutan pembukaan oleh Ir. Jeanette Kumaunang, MSc mewakili Kepala Balai Penelitian Tanaman Palma dan  dirangkakan dengan penyampaian materi tentang profil dan Inovasi Teknologi Hasil Penelitian Balai Penelitian Tanaman Palma.

sula2Presentase dan diskusi tentang Budidaya Kelapa disampaikan oleh pemateri Ir. Nurhaini Mashud, MS dan Yulianus Matana, SP. MS, di Auditorium Cocos, dilanjutkan dengan kunjungan  dan diskusi lapang tentang pembibitan kelapa dengan dan tanpa kantong palstik (polibag). Di Kebun Percobaan Mapanget peserta pelatihan mengunjungi lokasi Demplot Jarak dan Sistem Tanam Kelapa, dan dilakukan diskusi tentang jarak tanam kelapa serta pemanfaatan lahan di antara kelapa dengan tanaman sela jagung.

sula3Presentase dan diskusi tentang Pengolahan Aneka Hasil Tanaman Kelapa disampaikan oleh  Dr. Steivie Karouw, SP. MSc, di lanjutkan kunjungan ke Kebun Percobaan Kima Atas untuk melaksanakan Praktek Pengolahan Hasil Kelapa, yakni; Pembuatan Selei Kelapa.

sula4Kunjungan peserta pelatihan selanjutnya di Unit Peralatan dan Mesin Pengolahan Minyak. Disini peserta berdiskusi dengan Jerry Wungkana. STP, tentang  alat dan mesin pemarut daging buah kelapa, alat peras santan sistem manual hidrolik, pembuatan VCO dan Minyak Goreng Sehat.

sula5Materi tambahan tentang Budidaya dan Pengolahan Aneka Produk Tanaman Pangan serta Budidaya Tanaman Hias, Hal ini sesuai permintaan dari Manajemen SOLID (Smallholder Livelihood Development in Eastern Indonesia) Sekretariat Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sula Provinsi Maluku Utara. Presentase dan diskusi teknologi pengolahan hasil tanaman pisang, jagung dan umbi-umbian disampaikan oleh Ir. Payung Layuck, MS, peneliti dari BPTP Sulut, dilanjutkan dengan  praktek pengolahan ice cream dengan bahan ubi jalar serta  pembuatan mie berbahan dasar umbi talas.

sula6Peserta pelatihan juga mengikuti acara kunjungan lapang (field trip)  ke tempat budidaya tanaman bunga krisan yang dikelola oleh Kelompok Tani Tanaman Hias “Krisan Indah” di Kakasen Lingkungan 2 Kota Tomohon. Peserta Diskusi dengan ketua kelompok tentang bercocok tanam, hama dan penyakit, pemupukan dan pemasaran tanaman krisan.

sula7Kunjungan selanjutnya adalah lokasi kebun sayur-sayuran di kelurahan Kakaskasen Kota Tomohon. Diskusi dengan ketua kelompok tani tentang bercocok tanam, hama dan penyakit, pemupukan dan pemasaran tamanan cabe, tomat dan kubis.

sula8Acara selanjutnya kunjungan ke lokasi kebun kacang tanah dan proses pengolahan kacang sanggrai di Desa Kanonang Kecamatan Kawangkoan Kabupaten Minahasa. Disini perserta berdiskusi dengan petani dan petugas PPL  tentang; bercocok tanam, hama dan penyakit, pemupukan, panen pengolahan kacang sangria dan pemasaran. (Ir.Albert Ilat/Balit Palma)

sula9

 

Print Friendly