Menindak lanjuti Kerjasama Antar Lembaga PUI

Pada tanggal 2 Agustus 2019, Balai Penelitian Tanaman Kelapa mendapatkan kesempatan mengunjungi Pusat Unggulan Iptek (PUI) Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi, Badan Tenaga Nuklir Indonesia (PAIR BATAN) di Jakarta. Pada pertemuan tersebut tim PUI PAIR Batan di wakili oleh Dr. Irawan Sugoro, Dr Ani dan Bpk Anggi Nico, sedangkan dari Balit Palma diwakili oleh Ir. Jeanette Kumaunang, M.Sc, Engelbert Manaroisong,SP, M.Si dan Yulianus Matana,SP M.Si. Pertemuan ini merupakan tindak lanjut pertemuan sebelum yang telah dilakukan di Manado ketika PUI PAIR BATAN berkunjung ke Manado pada Bulan Oktober 2019.

Bertempat di ruang rapat Dr. Irawan menyampaikan perkembangan teknologi Batan pada bidang Pertanian, tugas utama serta kegiatan penelitian yang telah dilakukan dengan instansi lainnya. Sejak tahun 2013 Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) telah melakukan kerjasama melalui MOU terkait bidang penelitian dan pengembangan pertanian, salah satu unit kerja yang telah melakukan kerjasama adalah Balai Tanaman Hias untuk mendapatkan varietas bunga dengan warna yang berbeda. Dalam penjelasannya Dr Irawan menyampaikan pemanfaatan teknologi nuklir melalui iradiasi telah dilaksanakan pada bidang pemuliaan tanaman untuk mendapatkan varietas tanaman yang baru sehingga perlu dengan teknologi mutan, pada bidang budidaya tanaman seperti penggunaan isotop untuk mengetahui pergerakan unsur hara makro dan mikro seperti N15, C13 Pb 210 dalam proses pertumbuhan dan produksi tanaman. Pada bidang hama dan penyakit adalah pemanfaatan radiasi sinar untuk mensterilisasi hama jantan untuk menghambat perkembangbiakan dan mengurangi populasi hama. Hal yang sama juga pada bidang pasca panen seperti teknologi dalam pengemasan pada produk produk makanan yang akan diekspor .

Pada sesi berikut yaitu diskusi, Balit Palma menyampaikan keinginan untuk melaksanakan kerjasama di bidang perbenih yaitu benih aren genjah untuk mendapatkan benih aren yang super Genjah, selain itu di bidang nutrisi hara tanaman untuk penelitan pemanfaatan biochar dan juga teknologi pengendalian hama penyakit. Namun hal ini akan diskusikan dengan semua peneliti di Balit Palma. Kemudian pertemuan dilanjutkan dengan meninjau lokasi penelitian (By : YRM/7/19)

Print Friendly