Meity Aneke Tulalo, SP, MP

 

meity

Nama:

Meity Aneke Tulalo, SP, MP

Unit Kerja:

Balai Penelitian Tanaman Palma

Pendidikan:

S2

Jabatan:

Peneliti Pertama

Bidang Penelitian:

Pemuliaan dan Genetika Tanaman

E-mail:

tulalo_mey@yahoo.com, balitka@litbang.deptan.go.id

Komoditas

Kelapa, Palma

 

 

Profil

Meity Aneke Tulalo, SP.MP mendapatkan gelar Sarjana Pertanian (jurusan Agronomi, program study Pemuliaan Tanaman) pada tahun 1996 dari Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi Manado. Pendidikan S2 (jurusan Pemuliaan Tanaman) diperoleh dari Sekolah Pasca Sarja Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada tahun 2005.

Yang bersangkutan diterima sebagai calon pegawai negeri sipil pada tahun 1998, dan pada tahun yang sama mulai bekerja sebagai staf peneliti di Kelompok Peneliti Pemuliaan dan Plasma Nutfah, Balai Penelitian Tanaman Kelapa dan Palma Lain Manado dan bergabung dalam pelaksanaan penelitian kultur embrio kelapa dan penanganan plasma nutfah kelapa. Pada tahun 2006-2008 menjadi kepala laboratorium Bioteknologi

Jenjang Fungsional yang bersangkutan diangkat sebagai Peneliti Pertama pada tanggal 1 November 2007 dengan keahlian Pemuliaan dan Genetika Tanaman. Disamping itu telah mempublikasikan sekitar 20 karya tulis baik sebagai penulis utama atau co-author, yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah, buletin ilmiah, majalah ilmiah, prosiding dan monograf. Aktif juga mengikuti pertemuan ilmiah serta pernah mengikuti pelatihan bidang ilmu, yang diadakan didalam negeri maupun luar negeri.

Daftar Karya Ilmiah (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris)

  1. Tulalo, M., Mashud. N. Dan Novarianto, H. 2006 Teknik Kultur Embrio dan Pemanfaatannya dalam Pengelolaan Plasma Nutfah Kelapa. Prosiding Seminar Nasional Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman 2006. Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian-IPB.
  2. Tulalo, M., 2005. Plasma Nutfah Kelapa Indonesia (Indonesian Coconut Germplasms). Monograf Plasma Nutfah Kelapa Indonesia. Balai Penelitian Tanaman kelapa dan Palma Lain, Manado.
  3. Tulalo, M., Maskromo I, dan Novarianto H. 2007. Potensi kelapa unggul lokal untuk perbaikan produktivitas kelapa di Papua da Papua Barat. Warta Penelitian dan Pengembangan tanaman Industri. 13(3):17-19.
  4. Novarianto, H, dan M. Tulalo, 2007. Kandungan asam laurat pada berbagai varietas kelapa sebagai bahan baku VCO. Jurnal Littri. 13(1):27-32.
  5. Tulalo, M., H. Tampake dan H. Novarianto. 2006. Petunjuk Pengelolalaan Plasma Nutfah Kelapa (cocos nucifera L). Petunjuk Pelaksanaan Pengelolaan Plasma Nutfah Tanaman Perkebunan. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Perkebunan. 97-107 hal.
  6. Tulalo, M., I. Maskromo dan H. Novarianto.2007 Status kebun koleksi plasma nutfah kelapa Internasional Asia Tenggara (The International Coconut Gene Bank for South East and East Asia) di indonesia. Warta Penelitian dan Pengembangan tanaman Industri. 13(1):8-11.
  7. Tulalo, M., dan I. Maskromo, 2007. Keanekaragaman genetik kelapa kopyor. Monograf kelapa kopyor. Badan Litbang Pertanian. Puslitbangbun. Balai Penelitian Tanaman Kelapa dan palma Lain. 3-8 hal.
  8. Novarianto, H. Dan M. Tulalo. 2009. Varietas kelapa berpotensi tahana terhadap brontispa dan toleran kekeringan. Prosiding Simposium V Penelitian dan Pengembangan Perkebunan. 157-166 hal.
  9. Tenda E.T., J. Kumaunang dan M. Tulalo. 2009. Sifat fisiko kimia daging dan air buah beberapa aksesi plasma nutfah kelapa. Prosiding Simposium V Penelitian dan Pengembangan Perkebunan. 190-196
Print Friendly