Kunjungan Koordinasi Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bitung dalam Rangka Kerjasama Pengelolaan Tanaman Palma

Senin 14 Juni 2021 Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma) langsung oleh kepala Balit Palma Dr.Ir. Ismail Maskromo, M.Si menerima kunjungan rombongan yang dipimpin oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bapak Sony Wenas, S.Sos., MM. Kunjungan ini merupakan tindak lanjut kunjungan sebelumnya dari Walikota Bitung ke Balit Palma beberapa waktu yang lalu. Maksud kunjungan kali ini adalah kordinasi dan kerjasama dalam rangka pengembangan UMKM yang bergerak di sekitar industri  khususnya dalam usaha pembuatan Virgin Coconut Oil (VCO) dan rencana kerjasama antara Pemerintah Kota Bitung / Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian dengan institusi Balit Palma. Rombongan dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian yang terdiri dari kepala bidang, penyuluh pertanian, kelompok tani yang didampingi Kepala Bagian Kerjasama Pemerintah Kota Bitung Bapak Rio Karamoy.

Kepala Dinas dalam sambutannya mewakili Walikota Bitung menyampaikan bahwa bitung yang dikenal sebagai kota pelabuhan, kota industri dan kota wisata memiliki luas areal pertanian sekitar 13 ribu hektar. Disampaikan bahwa akan direncanakan pengembangan kawasan konservasi di wilayahnya dengan tanaman palma lainnya seperti aren karena tanaman ini selain sebagai penghasil nira juga berfungsi sebagai tanaman konservasi sehingga cocok dikembangkan disepanjang sungai untuk mengurangi erosi.

Kepala Balit Palma dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kunjungan rombongan yang dipimpin oleh Kadis Pertanian dan Kabag Kerjasama Pemkot Bitung sekaligus salam buat Walikota Bitung Bapak Maurits Mantiri. Menanggapi penyampaian kepala dinas dan kabag kerjasama bahwa Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) dan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) melalui unit kerja Balit Palma akan mendukung dan bersedia untuk bekerja dengan dengan pemerintah kota Bitung melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bitung. Terkait kerjasama kepala Balai mengingatkan dengan rambu rambu dalam lingkup kerjasama dalam naskah dan perjanjian kerjasama. Hal lain yang perlu dalam lingkup kerjasama adalah membangun kebun induk kelapa apalagi Bitung sudah memiliki varietas kelapa Dalam Odeska Apela yang kedepan sebagai sumber benih kelapa. Ada 3 hal juga diperhatikan dalam pengembangan kelapa yaitu aspek teknologi budidaya, pengendalian hama dan penyakit dan produk alternatif.

Dalam kunjungan, rombongan menyempatkan menyaksikan tayangan profil Balit Palma di Mini Teather Taman Sains Pertanian (TSP) Bioindustri Palma Mapanget dilanjutkan dengan mengunjungi unit pengolahan minyak kelapa serta mendengarkan penjelasan tentang pembuatan VCO oleh bapak Adhitya Y. Pradhana salah satu peneliti bidang pasca panen. Kunjungan diakhiri dengan foto bersama didepan kantor Balit Palma. (EM, 06/2021).

Print Friendly