Kunjungan Kepala Balit Palma Ke KP Makariki

Tanggal 20 Oktober 2021, kepala Balit Palma Dr. Steivie Karouw STP., M.Sc didampingi oleh kepala kebun KP Mapanget Leman Raranta bersama kepala BPTP Maluku Dr. P.R. Matitaputty, Dr Rein Sinewe dan didampingi kepala kebun Makariki Bapak Ladaha melihat dan meninjau lahan KP Makariki.

Informasi Balit Palma pernah memiliki KP di Pulau Ambon yaitu KP Makariki di pulau Seram Kab Maluku Tengah. Luas kebun Makariki sekitar 307 ha dengan populasi tanaman kelapa sebanyak sekitar 700 pohon kelapa. Bangunan KP Makariki dibangun 1987 dan diserah ke BPTP Maluku sekitar tahin 1990. Saat ini, KP Makariki memiliki koleksi beberapa varietas kelapa yaitu kelapa Dalam Mapanget, kelapa Dalam Takome dan kelapa Genjah Raja yang telah dirintis oleh Balai Penelitan Tanaman Palma.

Kondisi topografi KP Makariki sangat rata dan landai, dekat pantai krn berada di pesisir pantai. Dengan kondisi ini, kondisi lahan KP Makariki sangat potensial untuk di manfaatkan sebagai lahan kebun induk benih kelapa. Oleh karena itu, diperlukan perencana yg matang untuk pengembangan kelapa dengan memanfaatkan varietas varietas unggul yg telah dihasilkan oleh Badan Litbang sebagai sumber benih kelapa sehingga dapat dijadikan sebagai sumber benih(Leman Raranta).

Print Friendly