Kunjungan Dirjen Perkebunan di Balit Palma Balitbangtan

Di sela-sela kehadiran Direktur Jenderal Perkebunan Ir. Bambang, MM dalam rapat koordinasi dan konsultasi perkebunan Sulawesi Utara tahun 2017, beliau menyempatkan diri berkunjung ke Kantor Balit Palma, Balitbangtan di Mapanget, Manado pada hari Jumat, 6 Oktober 2017. Dalam kunjungan tersebut hadir juga Direktur Perlindungan Tanaman Tahunan, Kepala Balai Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan wilayah Barat, Medan dan Kepala Dinas Perkebunan Sulut.

Beberapa hal dibicarakan dalam diskusi dengan Kepala Balit Palma bersama peneliti, diantaranya adalah  program penyediaan benih tanaman perkebunan Kementerian Pertanian mendukung tahun perbenihan 2018. Beliau mengharapkan agar Balit Palma, Balitbangtan konsentrasi dalam menghasilkan inovasi teknologi menjawab kebutuhan pembangunan perkebunan yang terus meningkat seiring dengan dengan meningkatnya peluang ekspor produk tanaman perkebunan. Tiga  komoditi palma yang sangat membutuhkan dukungan inovasi teknologi adalah kelapa,  kelapa sawit dan aren.  Inovasi varietas unggul,  teknologi budidaya dan pengolahan hasil kelapa dan aren diharapkan mampu meningkatkan produksi yang akan berdampak pada peningkatan pendapatan petani.

Khusus untuk ketersediaan benih kelapa,  Dirjen Perkebunan mengharapkan agar mengoptimalkan pemanfaatan potensi plasma nutfah yang ada di sentra sentra produk kelapa untuk diidentifikasi,  diseleksi dan disertifikasi sesuai prosedur dan aturan yang berlaku.  Menurut Kepala Balit Palma Dr.  Ismail Maskromo,  kerjasama dengan Direktorat Jenderal Perkebunan telah berjalan lama dan terus dilakukan dalam rangka pendampingan terhadap pemerintah daerah dalam melepas varietas unggul  lokal serta  identifikasi dan evaluasi Blok Penghasil Tinggi dan Pohon Induk sumber benih.  Menurut pak Direktur,  akan segera dibentuk Tim Khusus Percepatan Penyediaan Benih Perkebunan untuk memenuhi kebutuhan benih dalam rangka mendukung program peremajaan dan perluasan areal tanaman perkebunan secara nasional sambil memperbaiki regulasi yang mengatur urusan Perbenihan tersebut.  Semoga segera ditindaklanjuti untuk mempercepat kemajuan sektor perkebunan di Indonesia. (IM,2017)

instagram takipçi hilesi hacklink c99 shell Google