Kunjungan Bupati Kab. Sula Maluku Utara ke Balit Palma

Bupati Kabupaten Sula Hendrata Thes berkunjung ke Balit Palma pada tanggal 19 Juni 2017 dalam rangka membahas kegiatan swakelola pembangunan kebun induk dan pengembangan kelapa. Kepala Balai Dr. Ir. Ismail Maskromo, MSi membuka acara dengan memperkenalkan varietas unggul kelapa yang telah dirilis oleh Balit Palma seperti kelapa Dalam, Genjah dan Kopyor. Varietas Genjah mampu menghasilkan nira sebanyak 2 liter/hari dan dapat diolah menjadi gula. Nilai ekonominya lima kali lebih tinggi dibanding mengolah kelapa butir saja dan berpotensi menjadi subtitusi bagi petani yang umumnya mengolah kelapa menjadi kopra.
Pada kesempatan ini Prof.Dr.Ir. Novarianto Hengky, MS menyampaikan program untuk mengatasi rendahnya produksi kelapa yaitu: peremajaan kelapa bertahap, jarak tanam 6x16m, optimalisasi lahan dengan menanam buah eksotik di antara kelapa dan seleksi sumber benih.
Prof. Dr. Ir. Meldy Leonardy A. Hosang, M.Si memberikan solusi tentang hama yang menyerang tanaman kelapa seperti hama babi yang menjadi masalah utama di Maluku Utara, yaitu pemasangan kawat berduri saat penanaman dan menggunakan parit. Untuk hama Sexava disarankan menggunakan teknologi perangkap dari beliau. (DK,2017)