Kordinasi Pengelola Terbitan Berkala Ilmiah Lingkup Balitbangtan

Acara pertemuan yang digagas oleh Badan Litbang Pertanian dimaksudkan dalam rangka persiapan akreditasi ulang terbitan berkala ilmiah di tahun 2018. Rapat kordinasi diikuiti oleh seluruh satker pengelola terbitan berkala ilmiah lingkup Balitbangtan – kementan sebanyak 31 Satker. Staf Balit Palma yang mengikuti acara tersebut adalah Engelbert Manaroinsong dan Alfred Manambangtua. Sebagai narasumber pada acara ini dari Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Materi yang disampaikan adalah Rambu-rambu akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah dengan jurnal elektronik berbasis OJS. Acara dibuka oleh Sekretaris Badan Litbang Pertanian (Dr. Muhamad Prama Yufdy). Arahan Bapak Sesba :

  • Saat ini jumlah peneliti Badan Litbang Pertanian sebanyak 1864 orang. Setiap penanggung jawab penelitian / RPTP wajib menerbitkan publikasi, hasil penelitian yang telah selesai maupun penelitian lanjutan dengan mengedepankan aspek terkait di tahun berjalan yang sesuai dengan kaidah ilmiah. Untuk hal tersebut, maka akan dibuat edaran kepada masing-masing kepala satker untuk mendorong bagi semua peneliti untuk membuat minial satu karya tulis.
  • Terkait dengan jumlah dan naskah terbitan berkala ilmiah, mengajak dan mengingatkan peneliti untuk mempertanggungjawabkan kegiatan yang dilakukan dalam bentuk publikasi. Semua hasil yang diperoleh sebagai hasil penelitian harus dipublikasi dengan mengikuti kaidah kaidah terbitan ilmiah.
  • Terkait dengan akan dilaksanakan akreditasi ulang terbitan berkala ilmiah diharapkan kepala seluruh pengelola terbitan berkala ilmiah untuk menyiapkan dan memenuhi semua persyaratan yang diminta. Materi utama (Rambu-rambu akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah dengan jurnal elektronik berbasis OJS). Disampaikan oleh Narasumber dari LIPI.

Hal yang perlu diperhatikan bagi semua pengelola OJS :

  • Pedoman / implementasi penilaian akreditasi terbitan berkala ilmiah berdasarkan PERKA LIPI No.03/2014 yang mulai berlaku pada tanggal 1 April 2016. Akreditasi dilaksanakan 2 kali setiap tahun yaitu bulan April dan September)
  • Masa akreditasi ulang dengan tahap pengumuman dan pendaftaran ulang 5 pebruari-2 maret 2018, penilaian maret – pertengahan april dan pengumuman hasil akreditasi akhir April .
  • Penilaian menurut Perka LIPI No.03/2014, yang harus dipenuhi berdasarkan unsur penilaian yaitu substansi artikel, penyuntingan dan manajemen pengelolaan terbitan, gaya penulisan, kelembagaan penerbit, keberkalaan, penampilan, penyebarluasan dan penamaan terbitan ilmiah dengan total nilai 100. Kategori peringkat akreditas sebagai berikut :
    A  dengan nilai > 85 ; evaluasi setelah 3 tahun setelah akreditasi
    B  dengan nilai 70 – 85 ; evaluasi setelah 2 tahun setelah akreditasi
     dengan nilai <70 ; evaluasi setelah 1 tahun setelah akreditasi
  • Masa berlaku akreditasi selama 5 tahun.(EM,2018)
Print Friendly