KELAPA SRI GEMILANG, VARIETAS UNGGUL UNTUK LAHAN PASANG SURUT; SERAH TERIMA BENIH KELAPA UNGGUL DI INDRAGIRI HILIR, RIAU

Program penyerahan benih merupakan program Kementerian Pertanian yang pelaksanaannya dilakukan melalui kerjasama antara Badan Litbang Pertanian dan Direktorat Jenderal Perkebunan, melalui penyediaan benih unggul gratis bagi petani yang bertujuan untuk mempercepat Pembangunan Kebun Induk sebagai sumber benih kelapa. Balit Palma sebagai salah satu UPT Balitbangtan mendapat tugas menyediakan benih varietas unggul kelapa Dalam, yang salah satu di antaranya adalah Kelapa Dalam Unggul SRI GEMILANG yang adaptif pada lahan pasang surut. Pada tanggal 8-9 Agustus 2018, sebanyak kurang lebih 8.500 benih/kitri (dapat digunakan untuk membangun Kebun Induk seluas 42,5 ha.) siap tanam telah diserahkan oleh Balit Palma, Kementan kepada Dinas Perkebunan Indragiri Hilir, Riau yang selanjutnya dibagikan kepada petani untuk Pembangunan Kebun Induk Kelapa Sri Gemilang.

Pada tanggal 8-9 Agustus 2018, benih kelapa tersebut telah diserahkan dan diterima oleh 9 orang ketua kelompok tani. Kepala Balit Palma Dr. Ismail Maskromo mengharapkan agar benih kelapa unggul yang dibagikan secara gratis ini dapat segera ditanam dan dipelihara agar nantinya dapat tumbuh dengan baik dan cepat berbuah. Penanaman pada lokasi baru, dapat menggunakan jarak tanam 9 x 9 m, atau jarak 6 x 16 m agar petani dapat memanfaatkan lahan di antara kelapa lebih optimal, sambil menunggu tanaman pokok berbuah seperti palawija, buah-buahan, sayuran atau bahkan tanaman perkebunan lainnya. Hadir dalam acara serah terima benih kelapa unggul Sri Gemilang di Indragiri Hilir dan Pekanbaru, beberapa peneliti Balit Palma.

Print Friendly