Kawasan Bioindustri Palma Mapanget, Pikat Komisi IV DPR-RI

Selasa, 19 November 2017 Kawasan Bioindustri Palma Mapanget menjadi salah satu destinasi di sela-sela kunjungan Komisi IV DPR-RI di Provinsi Sulawesi Utara. Rombongan dipimpin langsung Ketua Komisi IV DPR-RI Bapak Edhy Prabowo, MM, MBA dan disambut oleh Kepala Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian Dr. M. Syakir didampingi Kepala Balai Penelitian Tanaman Palma Dr. Ismail Maskromo. Turut hadir bersama Kepala Bidang Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Perkebunan Ir. ugg homme Jelfina C. Alouw, MSc, Ph.D, Kepala BPTP Sulut Dr. Moncler enfant doudoune pas cher Hiasinta Motulo dan Kepala BPATP Dr.Ir. Retno Sri Hartati Mulyandari, MS serta peneliti Balit Palma. Tim Komisi IV DPR-RI yang berjumlah sekitar 20 orang sangat tertarik dengan penelitian kelapa dan Palma yang telah dihasilkan oleh Balit Palma, Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian.

Berdiri di lahan seluat 46,7 ha, Kawasan Bioindustri Palma Mapanget menyuguhkan inovasi teknologi tanaman palma di bidang plasma nutfah dan pemuliaan, agronomi, pengendalian hama dan penyakit serta pasca panen. Timberland pour hommes Di lokasi ini para pengunjung dapat menikmati visualisasi teknologi tanaman palma melalui teater mini yang terletak dalam gedung utama. Selanjutnya dapat langsung melihat pengolahan aneka produk kelapa pada unit pengolahan minyak kelapa, virgin coconut oil, nata de coco, serat sabut, pupuk organik dan gula kelapa. Hamparan kelapa koleksi plasma nutfah dari berbagai daerah di Indonesia serta jarak tanam dan sistem polikultur ditata sangat menarik di sekitar gedung utama. Berjalan agak ke belakang gedung, dilakukan pembibitan kelapa unggul yang nantinya akan disebar untuk mendukung program peremajaan kelapa nasional. Didukung oleh 91 orang pegawai yang terdiri atas: 31 peneliti, 8 diantaranya bergelar Doktor, 13 Magister dan 15 orang Sarjana serta teknisi dan tenaga administrasi, lembaga ini telah melepas 22 varietas kelapa Dalam, 7 varietas kelapa Genjah, 1 varietas kelapa semi tall dan lima varietas kelapa hibrida. basket timberland Kelapa unggul tersebut, telah banyak digunakan untuk peremajaan di berbagai sentra pengembangan kelapa di Indonesia.

Di antara varietas kelapa unggul yang dilepas, terdapat varietas yang adaptif di lahan pasang surut atau yang dikenal dengan kelapa Sri Gemilang, dan varietas kelapa kopyor yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. chaussure timberland femme Dengan berbagai fasilitas ini, ke depan Kawasan Bioindustri Palma Mapanget diharapkan dapat menjadi salah satu lokasi wisata edukasi serta destinasi turis domestik dan mancanegara.

Print Friendly