Ir. Rindengan Barlina, M.S.

lina

Nama:

Ir. Rindengan Barlina, M.S.

Unit Kerja:

Balai Penelitian Tanaman Palma

Pendidikan:

S2

Jabatan:

Peneliti Madya

Bidang Penelitian:

Teknologi Pascapanen

E-mail:

balitka@litbang.deptan.go.id

Komoditas

Kelapa, Aren, Lontar

Profil

Ir. Rindengan Barlina, MS mendapat gelar Sarjana Pertanian (Jurusan Teknologi Pengolahan Hasil) pada tahun 1983 dari Universitas Sam Ratulangi Manado. Pendidikan S2 (jurusan ilmu pangan) ditempuh di Institut Pertanian Bogor pada tahun 1985 dan selesai pada tahun 1988.

Yang bersangkutan sekarang menjabat sebagai Kepala Laboratorium dan Ketua Kelompok Peneliti Tekno-Ekonomi sejak tahun 2003 sampai 2004. Sebelumnya, sebagai Kepala Laboratorium Pengolahan Hasil dan keteknikan merangkap Ketua Kelompok Peneliti Pengolahan Hasil dan Keteknikan sejak tahun 1999 sampai tahun 2002.

Jenjang Fungsional Peneliti Madya diperoleh pada tahun 2002 dan pada tahun 2004 telah mengajukan kenaikan jabatan fungsional Ahli Peneliti Muda, dengan ketertarikan dalam penelitian bidang Agroindustri, selain itu juga aktif mempublikasikan karya ilmiah dan hasil penelitian sekitar 40 makalah, baik sebagai penulis tunggal, utama atau co-author, yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah, semi ilmiah, surat kabar dan Prosiding.

Disamping itu aktif dalam kegiatan – kegiatan diseminasi, seperti pengolahan produk – produk kelapa, baik kepada petani maupun petugas Dinas Perkebunan dari Provinsi Riau, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku dan Papua. Disamping itu juga menjadi anggota Dewan Redaksi pada Buletin Balai Penelitian Tanaman Kelapa dan Palma lain dan Jurnal Penelitian Kelapa.

Print Friendly