Ir. Jelfina Constansye Alouw, M.Sc, Ph.D

jeli

Nama:

Ir. Jelfina Constansye Alouw, M.Sc, Ph.D

Unit Kerja:

Balai Penelitian Tanaman Palma

Pendidikan:

S3

Jabatan:

Peneliti Muda

Bidang Penelitian:

Hama dan Penyakit Tanaman

E-mail:

balitka@litbang.deptan.go.id

Profil

Profil

Ir. Jelfina C. Alouw, MSc, PhD mendapatkan gelar Sarjana Pertanian (jurusan Hama dan Penyakit Tanaman) dengan program study Penyakit Tanaman pada tahun 1992 dari Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) Manado.   Pendidikan S2 dengan major Entomology dan minor di bidang management ditempuh di University of the Philippines at Los Banos, (UPLB)  pada Bulan Juni 2002 dan selesai pada Bulan Juni 2004.  Beliau melanjutkan pendidikan S3 di bidang Entomology pada University of Nebraska Lincoln (UNL), USA, pada thaun 2011 dan tamat pada tahun 2015.

Yang bersangkutan sekarang bekerja kembali sebagai staf peneliti pada Kelompok Peneliti Hama dan Penyakit dengan jenjang fungsional sebagai peneliti muda. Pada tahun 2016 hingga sekarang ini, beliau diangkat sebagai Kepala Laboratorium Balit Palma dan sebagai penanggung jawab program kelapa.  Dari februari-agustus 2017 beliau menjabat sebagai Kepala Seksi Pelayanan Teknik (Yantek).

Beliau tertarik pada penelitian pengendalian hama terpadu dan biological control hama tanaman serta molekuler aspek dari organisme pengganggu tanaman.  Fokus risetnya adalah Interaksi tanaman dan serangga melalui sejumlah hormone, dan teknologi RNA interference (RNAi) yang digelutinya selama study S3 nya.

Sejumlah karya tulis ilmiah di bidang hama dan penyakit termasuk teknologi pengendalian dengan cara konvensional maupun molekuler telah dipublikasi pada jurnal terakreditas di tingkat nasional dan internasional, prosiding dan monograf.  Beliau aktif pada sejumlah organisasi profesi nasional maupun internasional seperti Entomological Society of America (ESA) dan ikut serta pada beberapa konferensi dan seminar yang diselengarakan oleh pemerintah Indonesia maupun Negara lain.

Pada tahun  2012, yang bersangkutan diundang sebagai pemakalah pada pertemuan tahunan ESA di Austin, Texas, USA, dan hadir pada tahun 2014 sebagai pemakalah juga pada event yang sama di Knoxville, Tennessee, USA.  Pada tahun 2016, beliau berperan sebagai Ketua Panitia Lokal dan pembicara pada “The International Training on Coconut Product Development” yang diselenggarakan atas kerjasma Direktorat Kerjasama Teknik (KST), Kementerian Luar Negeri  dan NAM-CSSTC dan Balit Palma.  Pada tahun yang sama beliau diundang sebagai pembicara pada konferensi internasional kelapa yang diselenggarakan oleh  Asian and Pacific Coconut Community (APCC) di Bali.

Daftar Karya Tulis/Publikasi Ilmiah

  1. Difusi teknologi pengendalian hama terpadu (PHT) Brontispa longissima Gestro (Coleoptera: Chrysomelidae) melalui sekolah lapang petani. Buletin Palma 13 (2):86-91.
  2. Rapid discrimination of the two cryptic species within Brontispa longissima (Gestro) (Coleoptera: Chrysomelidae) by PCR-RFLP. Journal of pest science 86:151-155.
  3. Parasitoid, predator dan entomopatogen pada hama kelapa Brontispa longissima (Gestro). Prosiding Kongres VII dan Seminar Nasional Perhimpunan Entimologi Indonesia. “Peranan dan Tantangan Entomologi di Era Global” Bogor, 24-25 Januari 2012. Tahun Terbit 2014. 348-358.
  4. Biologi dan tabel hidup hama Brontispa longissima Gestro (Coleoptera: Chrysomelidae) pada tanaman kelapa (Cocos nucifera). 2014 . Buletin Palma 15 (1):33-39.
  5. Molecular identification of bacterial pathogen infecting coconut leaf beetle Brontispa longissima (Coleoptera: Chrysomelidae). 2015. Buletin Palma 16(2): 145-151.
  6. Effects of benzoxazinoids on specialist and generalist Diabrotica species. 2015 Journal of Applied Entomology 139:424-432. doi: 10.1111/jen.12194.
  7. Sexava nubila (Orthoptera: Tettigoniidae): Ledakan hama baru dan kerusakannya pada tanaman kelapa sawit. Buletin Palma.
  8. Ulat bulu Orgyia spp. (Lepidoptea: Lymantriinae): Hama potensial pada Tanaman Kelapa Sawit. Buletin Palma.
  9. Innovative technologies and strategies for integrated pest management of coconut in Indonesia. Prosiding APCC.

Test of the induction of benzoxazinoids in bx1-mutant maize plant upon Diabrotica virgifera LeConte. (Coleoptera: Chrysomelidae) LARVAE ATTACK. Agrivita. Akan diterbitkan. 2017.

instagram takipçi hilesi hacklink c99 shell Google