INOVASI TEKNOLOGI BALITBANGTAN TAMPIL DI RITECH EXPO 2018

Momen Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke 23 yang digelar oleh Kemenristek Dikti tahun ini dirangkaikan dengan RITECH EXPO di Pekanbaru, Riau. Even yang berlangsung empat hari 9 – 12 Agustus 2018 ini dibuka oleh Presiden ke-3 RI Prof. Dr. B.J. Habibie. Hadir dalam acara Harteknas dan RITECH EXPO kali ini, Menteri Ristek Dikti, Gubernur Jogyakarta dan Gubernur Riau sebagai tuan rumah. Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian sebagai lembaga riset terbesar di Indonesia ikut serta menampilkan inovasi teknologi terkininya. Dengan tagline “Science, Innovation , Networks”, Balitbangtan mendesiminsikan inovasi teknologi terkini yang telah dihasilkan oleh lembaga riset di bawahnya meliputi Puslitbang Perkebunan (Balittro dan Balit Palma), BB Pasca Panen, serta BPTP Riau.

Mendukung stand Balitbangtan, Balit Palma menampilkan teknologi bahan tanaman palma unggul dan produk olahannya. Kelapa Dalam unggul Sri Gemilang asal Kab. Indragiri Hilir yang sesuai lahan spesifik pasang surut ditampilkan dalam bentuk contoh tandan buah dan banner. Selain itu disajikan juga contoh anakan varietas unggul sagu Meranti asal Kabupaten Meranti dan Sagu Bestari asas Kabupaten Inhil lengkap dengan contoh produk olahannya. Inovasi teknologi tersebut merupakan hasil kerjasama Balit Palma, Balitbangtan dengan kedua kabupaten tersebut. Pada layar display stand Balitbangtan ditampilkan audiovisual inovasi teknologi dan profil Balitbangtan, Puslitbangtan, Puslitbang Perkebunan dan Balai komoditi lingkup Balitbangtan. Audiovisual Profil Balit Palma dan pengolahan produk Es Cream VCO juga ditampilkan mewarnai stand Balitbangtan.

Hadir mengawal Stand Balitbangtan perwakilan dari Balit Palma, Kepala Balit Palma Dr. Ismail Maskromo, Kasie Yantek Ir. Jeanette Kumaunang, MSc. Kasie Jaslit Engelbert Manaroinsong, SP, MSi dan peneliti senior bidang pemuliaan Dr. Donata S. Pandin. Perwakilan Balitbangtan lainnya dari BB Pasca Panen, Puslitbaang Perkebunan, Balittro dan BPTP Riau. Semoga melalui RITECH EXPO 2018 dengan tagline ” Research, Innovation, technology” dapat menjadi media transfer informasi inovasi teknologi secara umum dari semua lembaga litbang dan Balitbangtan khususnya kepada masyarakat Indonesia.

Print Friendly