EVALUASI PERSIAPAN PELEPASAN CALON VARIETAS AREN BENGKULU

Potensi tanaman aren di Provinsi Bengkulu sangat luar biasa. Dengan luasan kurang lebih 4500 ha dan menyebar di hampir semua kabupaten terutama Rejang Lebong, Kepahyang dan Lebong, merupakan hamparan Aren terluas di Indonesia. Menurut masyarakat Bengkulu tanaman ini telah berkembang sejak berpuluh tahun yang lalu, dan menjadi sandaran hidup sebagian besar keluarga petani selain tanaman kopi. Dalam rangka mendukung pengembangan Aren di Bengkulu melalui penyediaan benih unggul, telah dilakukan persiapan pelepasan Aren Bengkulu melalui kerjasama Balit Palma dan Balai Besar Bioteknologi Pertanian, Balitbangtan, Kementerian Pertanian dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu. Kegiatan yang dimulai tahun 2015 diharapkan selesai pada tahun 2018. Beberapa output yang telah yaitu Tanda Daftar Varietas, data morfologi, produksi, keragaman genetik menggunakan sidik jari DNA, karakteristik tanah dan daun, kandungan gizi gula dll.

Pada tanggal 5 – 8 April 2018 telah dilakukan pengamatan lanjutan untuk menentukan calon pohon induk yang akan dijadikan sumber benih, dalam melengkapi data pelepasan calon varietas yang nantinya diusulkan dengan nama Aren Semulen ST – 1 Bengkulu. Kepala Balit Palma, Balitbangtan Dr. Ismail Maskromo bersama peneliti dari BB Biogen Dr. Puji Lestari dan Dr. Tri Puji didampingi petugas lapang dari BP2MB dan Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu serta petugas lapangan dari tiga kabupaten sentra Aren melakukan evaluasi produksi calon pohon induk yang akan dijadikan sebagai sumber benih. Aren Bengkulu memiliki potensi produksi nira antara 15 – 30 liter per pohon per hari dan dikategorikan sebagai aren Semi Dalam (Semi Tall=ST). Tipe aren tersebut berbeda dengan Aren Genjah Kutim adalah Kutai Timur, Kalimantan Timur dan Aren Dalam Toumuung asal Tomohon, Sulawesi Utara yang telah dilepas. sebelumnya oleh Balit Palma, Balitbangtan,Kementerian Pertanian.

Dalam rangka sosialisasi rencana pelepasan calon varietas Aren Bengkulu telah dilakukan penyuluhan yang dihadiri oleh petugas lapang serta petani aren dan kopi dari tiga kabupaten sentra Aren. Kepala Balit Palma berbagi ilmu tentang Perbaikan Teknik Budidaya dan Pengelolaan Tanaman Aren sedangkan Dr. Puji Lestari Dr dari BB Biogen menyampaikan tentang perkembangan persiapan pelepasan Aren Bengkulu. Dari BP2MB Provinsi Bengkulu menyampaikan tentang pembangunan Kampung Kopi dan Aren (PiRen) oleh Drs. Kustono.

Semoga persiapan pelepasan Aren Bengkulu berjalan lancar, sehingga bisa diajukan pada sidang pelepasan di bulan Oktober 2018.

Salam Aren! “Sejahteralah Petani Aren Indonesia “(IM,2018)

Print Friendly