Engelbert Manaroinsong, SP, M.Si

Nama: Engelbert Manaroinsong, SP, M.Si
Unit Kerja: Balai Penelitian Tanaman Kelapa dan Palma Lain
Pendidikan: S2
Jabatan: Peneliti Muda
Bidang Penelitian: Budidaya Tanaman
E-mail: eng_man2001@yahoo.com
Komoditas: Kelapa, Aren, Pinang, Sagu, Lontar

Engelbert Manaroinsong, SP, M.Si mendapatkan gelar Sarjana Pertanian (jurusan Ilmu Tanah) pada tahun 2001 dari Universitas Sam Ratulangi. Yang bersangkutan diterima sebagai CPNS calon pegawai negeri sipil pada tahun 2001, dan pada tahun yang sama mulai bekerja sebagai staf peneliti di Kelti Pemuliaan, Balai Penelitian Tanaman Kelapa dan Palma Lain.

Yang bersangkutan pada awalnya bekerja di Balai Penelitian Tanaman Kelapa dan Palma Lain pada bulan Mei tahun 2001 sebagai honor peneliti dan pada Desember tahun 2001 diangkat sebagai CPNS pada Kelti Ekofisiologi. Pada tahun 2002 sampai tahun 2004 yang bersangkutan pernah dipercayakan sebagai site koordinator di Desa Wori dan selanjutnya di desa Nonapan I Kab. BolangMongondow, bekerjasama dengan COGENT.

Yang bersangkutan bekerja sekarang bertugas sebagai staf peneliti pada Kelompok Peneliti Ekofisiologi di Balai Penelitian Tanaman Kelapa dan Palma Lain Manado. Kepala Laboratorium Ekofisiologi pernah diembannya pada tahun 2008. Jenjang Fungsional Peneliti Pertama bidang Budidaya Tanaman diperoleh pada tahun 2007. Selain itu juga aktif mempublikasikan karya ilmiah dan hasil penelitian baik sebagai penulis tunggal atau co-author, yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah, buletin ilmiah, prosiding dan monograf serta mengikuti berbagai paltihan dan seminar.

Selain itu dalam memperlancar kegiatan penelitian yang bersangkutan dipercayakan menjadi anggota Panita Pengadaan Barang Dan Jasa pada tahun 2007 hingga sekarang. Dalam wadah kumpulan pegawai negeri sipil Balai Penelitian Tanaman Kelapa dan Palma Lain, Manado dipercayakan sebagai Bendahara KORPRI. Di samping itu, pada tahun 2009 dipercayakan sebagai kepala kebun Percobaan Mapanget dan tahun 2010 sebagai kepala kebun Percobaan Kima Atas. Saat ini beliau menjabat sebagai Kepala Jasa Penelitian (Jaslit).

Daftar Karya Ilmiah

  1. Populasi spora pada infeksi mikorisa tanaman cengkeh
  2. Pengendalian hama Babi Hutan
  3. Penyediaan bahan tanaman sagu
  4. Peluang perbanyakan tanaman sagu dengan kultur jaringan
  5. Budidaya tanaman aren
  6. Pengurangan kemiskinan petani kelapa melalui pemanfaatan teknologi dan sumberdaya petani secara berkelanjutan
  7. Pemanfaatan Cendawan Mikorisa sebagai Pupuk Hayati
  8. Teknik Pemindahan Anakan Sagu Baruk
  9. Teknik penyediaan bibit kelapa
  10. Jarak dan sistim tanam kelapa
  11. Putaran daun kelapa dan manfaatnya
  12. Karakter fisiologi beberapa kultivar kelapa Dalam
  13. Pengaruh metode sterilisasi silinder endosperm dan embrio pada pertumbuhan in vitro plantlet kelapa Genjah Kuning Nias
  14. Teknik Penurunan Kadar Garam Debu Sabut Kelapa
  15. Efektivitas Beberapa Isolat Potensial Dalam Perombakan Debu Sabut Kelapa
  16. Pengujian Beberapa jenis Media Penyimpanan Embrio Kelapa Kopyor
  17. Sistim Usahatani (SUT) pisang dan kacang tanah diantara kelapa. Makalah disampaikan pada Pelatihan petani kelapa di Desa Nonapan I
  18. Peremajaan kelapa. Makalah disampaikan pada Kegiatan Magang Pengelolaan Benih Petugas Dinas Kehutanan dan Perkebunan Provinsi Banten Di Balitka.