Dr. Ir. Meldy Leonardy A. Hosang, M.Si.

Nama: Dr. Ir. Meldy Leonardy A. Hosang, M.Si.
Unit Kerja: Balai Penelitian Tanaman Kelapa dan Palma Lain
Pendidikan: S3
Jabatan: Peneliti Madya
Bidang Penelitian: Hama dan Penyakit Tanaman
E-mail: meldyhosang@yahoo.com
Komoditas: Kelapa, Aren, Pinang

Dr.Ir. Meldy Leonardy A. Hosang, M.Si. mendapat Gelar Sarjana Pertanian (Ir.) Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan tahun 1983 dari Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi Manado. Pendidikan S2 Jurusan Entomologi ditempuh di Institut Pertanian Bogor tahun 1995 dengan gelar Magister Sains (M.Si.) sedangkan pendidikan Doktoral (Dr.) jurusan Entomologi-Fitopatologi ditempuh di Institut Pertanian Bogor dan selesai pada tahun 2004.

Yang bersangkutan mendapat kesempatan mengikuti pelatihan-pelatihan yang erat kaitannya dengan bidang ilmu yang ditekuninya. Tahun 1986 (November-Desember) mengikuti kursus indentifikasi serangga dan tungau di National University of Malaysia, Bangi Selangor, Malaysia. Tahun 1988 (Januari-Juni) kursus patologi serangga di Rangeland Insect Laboratory, Montana State University, Bozeman, Montana, Amerika Serikat. Tahun 2002 (Juni-Juli) mengikuti training in Biological Statistics and Ecology pada Institute of Agroecology, University of Gottingen, Jerman yang merupakan bagian dari penyelesaian pendidikan Doktoralnya di IPB.

Yang bersangkutan sekarang ini sebagai Ahli Peneliti Muda/Koordinator Program Penelitian pada Balai Penelitian Tanaman Kelapa dan Palma Lain Manado. Sebelum jabatan sekarang, sejumlah tugas telah diembannya yaitu sejak 1 April 1984 sebagai staf peneliti pada Balai Penelitian Tanaman kelapa dan Palma Lain Manado, 1 Pebruari 1986 diangkat sebagai Pelaksana Tugas Ketua Kelompok Peneliti Hama, 1-4-1992 sebagai Ketua Kelompok Peneliti Hama, dengan SK Kepala Puslitbantri tanggal 6-4-1995 No. OT.210.504.7.84. tmt 1-4-1995 sebagai Ketua Kelompok Peneliti Entomologi, dengan SK Kepala Badan Litbang Pertanian tanggal 7-4-1997 No. KP. 110.45.1997 sebagai Ketua Kelompok Peneliti Hama dan Penyakit, dan tanggal 2 Januari 2004 sebagai Pemimpin Program Tanaman Kelapa.

Jenjang fungsional Ahli Peneliti Muda diperoleh pada tanggal 1 Juli 2000 dengan ketertatarikan dalam penelitian bidang hama tanaman. Selain itu aktif mempublikasikan karya ilmiah dari hasil penelitian dalam bahasa Indonesia dan Inggris baik sebagai penulis tunggal, utama maupun co-author yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah, semi ilmiah dan prosiding di dalam dan luar negeri.

Print Friendly