BIMTEK INKUBASI BISNIS DAN BIOTEKNOLOGI KELAPA

Taman sains pertanian Balai Penelian Tanaman Palma telah melaksanakan inkubasi bisnis dan bioteknologi kelapa. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 12 – 29 Nopember 2018 dan telah ditutup secara langsung oleh Dr.Ir Ismail Maskromo. M.Si selaku kepala balai. Kegiatan ini diikuti oleh 8 peserta yang terdiri dari 4 peserta yang telah mempunyai usaha dibidang pengolahan kelapa dan 4 peserta masih belum mempunyai kegiatan usaha.

Materi Inkubasi diberikan dalam bentuk teori, praktek dan kunjungan lapangan. Pemateri berasal dari Universitas Samratulangi (Unsrat), Bank Mandiri Manado, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Sulawesi utara serta peneliti Balit Palma yang ada kaitan dengan kegiatan ini. Kegiatan praktek meliputi praktek pembuatan VCO teknik DME (Direct Micro Expelling) dan pemanasan bertahap, penyadapan nira dan pembuatan gula kelapa, pembuatan minyak goreng sehat dan nata de coco. Disamping kegiatan ini peserta juga diikutsertakan pada kegiatan gebyar UKM zaman now yang dilaksanakan oleh Pemprov Sulut dan juga kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas perdagangan dan perindustrian Sulut yakni Market place online Bukalapak.

;Kegiatan field trip peserta mengunjungi dua unit usaha yaitu usaha pengolahan kelapa di kabupaten Minahasa tenggara yakni koperasi “Tani Makmur” yang memiliki usaha pengolahan arang tempurung dan kelapa segar dan koperasi “Karya Murni” yang mempunyai usaha pembuatan VCO dan minyak goreng. Selama kegiatan berlangsung peserta diberikan materi oleh pemateri dan telah terjadi diskusi yang aktif antar pemateri dengan peserta. Hari terakhir peserta diberikan waktu untuk menyampaikan proposal rencana usaha bagi peserta yang belum mempunyai usaha sedang peserta yang telah punya usaha menyampaikan proposal recana usaha pengembangannya. Tindak lanjut dari kegiatan ini Balit Palma selaku penyelenggara/pembimbing akan melakukan supervisi serta bimbingan bagi kedelapan rencana usaha yang telak dibentuk terutama keberlanjutan usaha. Pemateri dari Bank Mandiri dan Dinas perdagangan dan perindustrian Sulut Diskusi proposal usaha masing masing peserta dibimbing oleh Kepala Balai (EM, 11/2018).

Print Friendly