Balit Palma Siap Melaksanakan Pelayanan Publik Secara Maksimal

Kepala Balai Penelitian Tanaman Palma, Dr. Ir. Ismail Maskromo, M.Si menyampaikan komitmen bahwa Balit Palma, Badan Litbang Pertanian, Kementan siap untuk melaksanakan Pelayanan Publik secara maksimal dan transparan. Komitmen tersebut disampaikan pada Publik Hearing PPID Balit Palma, Selasa 19 Desember 2017. Hadir menjadi nara sumber Kepala Perwakilan Ombudsman Sulawesi Utara Helda Tirajoh, SH, MH. Para peserta yang terdiri dari Kepala BPTP, pimpinan lembaga penelitian, pengusaha dan pemerhati kelapa Indonesia diajak untuk menyaksikan penayangan perdana profil Balit Palma di teater mini Gedung Taman Science Pertanian (TSP) Bioindustri Palma Mapanget.

Sejumlah tokoh penting daerah yang turut hadir pada acara ini yaitu Wakil Gubernur Provinsi Gorontalo Drs. H. Idris Rahim, MM, Bupati Kabupaten Gorontalo Prof. Dr. Nelson Pomalingo, dan Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Gorontalo Dr. Mulyadi Mario. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatangan kesepakatan kerjasama penelitian dan pengembangan kelapa antara Balit Palma, Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo disaksikan oleh Kepala Bidang Kerjasama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Perkebunan Ir. Jelfina C. Alouw, MSc, Ph.D, dan Kepala BPATP Dr.Ir. Retno Sri Hartati Mulyandari, MS.

Sejak berdirinya, Balit Palma telah menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah dan swasta di dalam negeri serta kerjasama berskala internasional. Selama dua tahun berturut-turut Balit Palma bersama Direktorat Kerjasama Teknik (KST) Kementerian Luar Negeri dan Non- Aligned Movement Centre for South South Technical Cooperation (NAM-CSSTC),sukses menggelar even internasional bertajuk International training on coconut product development (Tahun 2016) dan International workshop on coconut development (Tahun 2017).

Wujud komitmen untuk mendiseminasikan teknologi palma secara maksimal dan transparan, telah dilakukan melalui beberapa layanan publik yaitu unit pelaksana benih sumber (UPBS), perpustakaan, pelatihan, layanan teknologi dan laboratorium. Pada Tahun 2016, Laboratorium Pengujian Balit Palma sudah ditetapkan oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) sebagai Laboratorium terakreditasi ISO 17025:2008. Untuk menjamin keterukuran pengelolaan manajemen, Balit Palma sejak awal tahun 2010 telah memperoleh sertifikat ISO 9001:2008. Balit Palma juga memiliki Jurnal terakreditasi LIPI dengan nama Buletin Palma sebagai sarana bagi para peneliti dalam mempublikasikan hasil penelitian. Semua pencapaian tersebut dapat diakses secara lengkap melalui Website Balit Palma.(SK,2017)

instagram takipçi hilesi hacklink c99 shell Google