Balit Palma Menyelenggarakan Halal bi halal 1439 H

Halal bi halal Balitpalma merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan pada bulan Syawal sebagai ajang silaturahmi untuk mempererat kebersamaan, tidak hanya dalam lingkup Balitpalma, tetapi juga dengan stake holder dan masyarakat sekitar. Keluarga besar Balit Palma menyelenggarakan Halal bi halal pada hari Kamis, 28 Juni 2018/14 Syawal 1439 H dengan tema “Silaturahmi Memperkuat Kebersamaan untuk Meningkatkan Kinerja”. Acara halal bihalal juga dihadiri oleh Kasubbag TU BPTP Provinsi Sulawesi Utara, Ibu Ir. Hartin Kasim beserta staff, perwakilan Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Manado ibu Ismiati Patulak, SP dan bapak Charles Umboh, Amd.
Perwakilan Dinas Perkebunan Provinsi Sulut ibu Ir. Rosita Djafar dan Ir. Ummi Nadjamudin dan pemerintah daerah lingkup Kecamatan Talawaan dan Desa Mapanget.

Acara di buka oleh pembawa acara Putri W. Adiningrum, Amd kemudian dilanjutkan oleh pembacaan kitab suci Al Quran oleh saudari Syarini Dapi dan terjemahan oleh Nurhayati Karim. Sambutan yang pertama disampaikan oleh ketua panitia Adhitya Y. Pradhana, STP, MSi yang menyampaikan terima kasih atas kerjasama dan kerja keras panitia dan seluruh karyawan/karyawati Balit Palma dalam menyelenggarakan halal bihalal ini. Pelaporan kepada ketua KORPRI Balit Palma Dr. Ir. Noli L. Barri tentang kegiatan unit pengumpul zakat (UPZ) Balit Palma yang dikoordinir oleh Bapak Oskar Saka yang telah dilantik pada Maret 2018 oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) provinsi Sulawesi Utara. Kegiatan kunjungan dan penyerahan bantuan ke Panti Asuhan Al- Ikhwan di Kombos pada tanggal 2 Juni 2018. Setiap bulan juga rutin dilaksanakan Tazkir dan setiap Senin pagi rutin dilaksanakan pengajian.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh kepala Balit Palma Dr. Ir. Ismail Maskromo yang menyampaikan kaitan antara saling bersilaturahmi dengan peningkatan kinerja Balai melalui komunikasi dan koordinasi. Kepala Balai juga menyampaikan penambahan mandat balai yaitu tanaman Kurma yang berasal dari Timur tengah, selain itu Balit Palma juga bekerjasama dengan Balitjestro dengan penanaman buah jeruk diantara kelapa dan bekerjasama dengan balitkabi dengan penanaman tanaman kacang diantara kelapa. Acara puncak yaitu penyampaian tausiah oleh ustadz H. Rizal Kasim, SIP, MSi tentang makna halal bihalal/silaturahmi. Beliau juga menyampaikan bahwa akar tanaman yang terembunyi/tidak terlihat terdapat lenti sel maupun xilem dan floem yang berperan penting bagi tanaman dalam menyerap unsur hara tetapi ikhas hanya buahnya yang mendapat pujian. Ustadz juga menjelaskan tentang toleransi agama di Manado yang mempunyai tagline “torang semua basudara” dan “torang semua ciptaan Tuhan” dan juga saling berdampingan dengan damai antara warga Tionghoa dengan kampung Arab di Sulawesi Utara. Ustadz juga menyampaikan bahwa teroris itu bertentangan dengan semua ajaran agama. Diharapkan dengan adanya kegiatan Halal bi halal keluarga besar Balit Palma dapat menguatkan silaturahmi, kebersamaan, komunikasi, koordinasi dan kinerja.(AYP,2018)

Print Friendly