Balit Palma Melaksanakan Audit Internal SMM ISO 9001 : 2008

Acara audit internal ISO 9001 : 2008 Balit Palma diawali dengan Opening Meeting pada tanggal 4 Juli 2018 yang dihadiri oleh 12 orang Auditor Internal Balit Palma. Audit Internal dilaksanakan pada tanggal 4-10 Juli 2018. Acara ini dilaksanakan setahun sekali yang merupakan ketentuan dari Sistem Manajemen Mutu (SMM) yang mensyaratkan adanya audit yang dilakukan di lingkup internal. Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Balai (Top Manajemen), Dr. Ir. Ismail Maskromo, MSi yang didampingi oleh Ketua Auditor, Dr. Ir. Donata S. Pandin, MSi, Kasubbag TU (Wakil Manajemen), Robert Ch. Pua, SE, dan Sekretaris ISO, Adhitya Y. Pradhana, STP, MSi.

Kepala Balai menyampaikan bahwa audit internal ini bertujuan untuk mengetahui kekurangan dari sistem manajemen yang ada, sehingga sistem, prosedur, proses dan aturan Balai bersama ASN yang bekerja didalamnya dapat berjalan secara efektif. Audit internal ini juga sebagai persiapan sebelum adanya audit eksternal oleh PT. Mutu Agung Lestari. Kepala Balai juga menyoroti Kebijakan Mutu dan Sasaran Mutu Balai yang harus diketahui oleh ASN dan stakeholder karena hal ini berkaitan dengan pelayanan Balit Palma, selanjutnya Balit Palma akan mulai menerapkan standar terbaru SMM ISO 9001 : 2015.

Ketua Auditor, Dr. Ir. Donata S. Pandin memaparkan tentang teknis audit di masing-masing area (top manajemen, wakil manajemen, Subbag TU, Seksi Pelayanan Teknik, Lab Ekofis, Seksi Jasa Penelitian, Kelti Pemuliaan Plasma Nutfah & Perbenihan, Kelti Entomologi dan Fitopatologi, Kelti Ekofisiologi dan Auditor Internal). Ketidaksesuaian hasil audit ini sebagai perbaikan berkelanjutan di masing-masing area. Penerapan SMM ISO 9001:2008 di lingkup internal Balit Palma bermanfaat untuk menciptakan kerja yang sistematis, terdokumentasi dan terpantau, sedangkan untuk lingkup eksternal bermanfaat untuk meningkatkan kepuasan pelanggan/stakeholder dalam negeri maupun internasional sebagai alat promosi dan meningkatkan kepercayaan, pelayanan publik sesuai standar, dan sejalan dengan “good governance”.

Print Friendly