Balit Palma Lakukan Penandatangan Kerjasama Pembangunan Kebun Induk Kelapa

Laimu – Maluku Tengah, 21 Oktober 2021.

Disela tugas melaksanakan tugas Bimtek dan Hilirisasi Adopsi Teknologi Produk kelapa di Pulau Seram Bagian barat Provinsi Maluku, Kepala Balit Palma Dr. Steivie Karouw, STP. M.Sc melakukan penandatangan Kerjasama Pembangunan Kebun Induk Kelapa dengan 5 pelaku usaha produsen benih yang disaksikan Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Ir. Ali Jamil, MP., Ph.D. Acara tersebut merupakan bagian dari Koordinasi Produsen Benih Tahun 2021 dan Launching Penyediaan Benih Bermutu BUN Oke yang dibuka secara resmi oleh  Ir. Ali Jamil, MP., Ph.D. Tema pertemuan “Sinergitas Penyediaan Benih Unggul Bermutu untuk Peningkatan Produksi dan Produktivitas Tanaman Perkebunan”.

Dalam sambutan Bapak Ali Jamil menyoroti program kelapa Genjah 2 juta bibit, uang ada tapi bibit tidak cukup, sehingga dengan pertemuan ini dipercepat penangkar sebagai penyedia benih kelapa bermutu melalui pembangunan kebun induk. Ditambahkan pula, tanaman kelapa akan jadi prioritas ke depan, karena semua bagian kelapa bisa diekspor. Pesan pak Dirjen minta Kabalit Palma menyiapkan benih kelapa Genjah untuk para penangkar.

Pelaksanaaan kegiatan 21-23 Oktober 2021 dilakukan secara online melalui zoom meeting dan offline yang bertempat di Sahira Hotel , Bogor Jawa Barat. Penandatangan Kerjasama ikut disaksikan oleh peneliti Pemuliaan Balit Palma Prof. Dr. Novarianto Hengky dan sub kordinator Jasa Penelitian Engelbert Manaroinsong, SP. M.Si. Kerjasama pembangunan Kebun Induk kelapa Dalam dan Hibrida yaitu antara Balit Palma dengan PT. Dwitunggal Nusa Mandiri, CV. Bumi Mitra, PT. Multistada Agro, PT. Bhuana Agro, PT. Bumi Moro Halmahera.

Diharapkan dengan adanya kerjasama dengan para mitra usaha dalam pengembangan pembangunan kebun induk kelapa ini akan memberikan dampak terhadap penyiapan benih kelapa yang bermutu sehingga peningkatan produk dan produktivitas tanaman kelapa kedepan dapat dicapai. (Jaslit, 10/21)

Print Friendly