BALIT PALMA-BALITBANGTAN SALURKAN BIBIT UNGGUL KELAPA BUOL ST-1 ASAL BUOL SULAWESI TENGAH

Kementerian Pertanian terus melakukan upaya mendukung pengembangan kelapa nasional. Balit Palma, Badan Litbang Pertanian adalah salah satu unit pelaksana teknis pada Tahun 2018 ini melaksanakan penyaluran bibit kelapa yang merupakan lanjutan program perbenihan tahun 2017. Salah satu kelapa Unggul hasil eksplorasi Litbang Pertanian adalah kelapa Buol ST-1. Kelapa ini adalah salah satu varietas kelapa Semi Tall (kelapa semi Dalam) karena salah satu ciri adalah kerapatan bekas daun pada batang yang lebih rapat dibanding kelapa Dalam lainnya. Disamping itu kelapa ini memiliki produktivitas kopra/hektar sekitar 3.0 ton.

Acara penyaluran bibit kelapa Buol ST-1 dilaksanakan pada hari Senin 21 Mei 2018. Bertempat di lokasi pembibitan desa Mokupo, Kec. Karamat. Penyerahan bibit melalui Penandatangan Berita Acara Serah Terima oleh Ir. Miftahorrachman mewakili Litbang Pertanian kepada Asmayudin Gontjing, SP selaku Kepala Bidang Perkebunan yang mewakili Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Buol. Bibit kelapa yang berjumlah 5830 ini selanjutnya diserahkan kepada 2 kelompok tani kelapa yaitu Kelompok Tani Nyiur Hijau dari desa Leok 1 dan Kelompok Tani Tunas desa Kumaliogon Kecamatan Biau.

Setelah acara penyerahan bibit, tim Balit Palma yang terdiri atas beberapa peneliti diantaranya Ir. Miftahorrachman, Dr.Ir.Noli Barri, MS dan Engelbert Manaroinsong, SP.M.Si di undang oleh kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Buol Usman H. Hasan di Kantor Dinas untuk berdiskusi dengan 2 orang guru besar bidang pertanian dari Universitas Tadulako yaitu Prof. Muslimin dan Prof. Arifudin. Dalam diskusi tersebut selain membicarakan upaya pengembangan kelapa di Kabupaten Buol juga saran untuk melestarikan varietas kelapa asal Buol dengan membangun kebun induk milik pemerintah kabupaten. Semoga kerjasama ini akan berdampak positif terhadap pengembangan Kelapa Buol ST-1 yang merupakan satu satunya kelapa Semi Tall di Indonesia.

Salam kelapa dari Buol Sulawesi Tengah. Jayalah Kelapa Indonesia.

Print Friendly