Balit Palma Balitbangtan Rilis Dua Varietas Kelapa dan Satu Varietas Sagu di Akhir Tahun 2017

Balai Penelitian Tanaman Palma Badan Litbang Pertanian bekerja sama dengan pemerintah daerah Kabupaten Banggai, Kabupaten Kepulauan Selayar dan Kabupaten Indragiri Hilir kembali melepas tiga varietas unggul nasional melalui Sidang Pelepasan Varietas Tanaman Perkebunan tanggal 2 November 2017 dihadapan Tim Penilai dan Pelepas Varietas Tanaman Perkebunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perkebunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perkebunan Kementrian Pertanian.Ketiga varietas unggul tersebut adalah:

  1. Kelapa Dalam Babasal yang berasal dari Kab. Banggai, memiliki keunggulan jumlah buah/tandan >10 butir, jumlah buah/pohon rata-rata 128 butir, kadar minyak dan protein tinggi, daging buah tebal. Potensi produksi kopra sekitar 3 ton/ha/tahun. Daerah pengembangan lahan kering iklim basah dengan curah hujan <6 bulan dengan air tanah dangkal. Jumlah PIT 1000 pohon dengan potensi benih 106000 per tahun. Babasal (Banggai, Belantak dan Saluan) adalah singkatan dari etnis  yang ada di Kab.Banggai.
    Kelapa Dalam Babasal
  2. Kelapa Dalam Selayar berasal dari Kab. Kepulauan Selayar memiliki keunggulan buah besar dengan rata-rata jumlah buah/tandan >9 butir, rata-rata jumlah buah/pohon/tahun 119 butir. Potensi produksi kopra >3 ton/tahun. Jumlah PIT 1300 pohon dengan potensi benih 122200 butir/tahun. Memiliki kadar minyak dan protein tinggi. Daerah pengembangan lahan kering iklim basah dengan bulan kering <5 bulan berturut-turut dengan air tanah dangkal.
    Kelapa Dalam Selayar
  3. Sagu Bestari berasal dari Kab. Indragiri Hilir tergolong dalam sagu yang tidak berduri dengan keunggulan setiap pohon memiliki rata-rata 495 kg pati sagu atau 255 kg berat kering. Persentase Karbohidrat cukup tinggi yaitu 84%. Daerah pengembangan iklim basah dan berair. ( ET , 2017)
Sago Bestari
Print Friendly