Aren Parasi

Aren Parasi ini pohonnya lebih pendek dan sudah dapat disadap niranya dalam waktu 6 -7 tahun sedangkan tipe lainnya yang juga terdapat di kabupaten Lebak yang dikenal dengan aren Dalam pohonnya tinggi dan baru dapat di sadap paling cepat 10 tahun. Populasi aren Parasi ini cukup potensial untuk di kembangkan, karena memiliki produksi nira tinggi > 14 liter per mayang per hari dan periode penyadapan per mayang cukup lama yaitu > 2 bulan.

Aren Parasi sudah ada sejak lama di Kabupaten Lebak dan telah dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan gula. Aren Parasi memiliki manfaat dan nilai ekonomi yang tinggi bagi masyarakat Kabupaten Lebak, karena setiap mayang dapat menghasilkan nira > 15 liter/hari dengan lamanya waktu penyadapan > 2,5 bulan/mayang dan pohonnya pendek. Nilai tambah tersebut memberi peluang pengembangannya di daerah sentra aren lainnya di Indonesia dalam meningkatkan pendapatan petani. Jumlah pohon induk terpilih sebanyak 27 pohon. Pohon-pohon induk tersebut berpotensi menghasilkan benih 31728 butir/pohon, yang berarti setiap pohon Aren Parasi dapat digunakan untuk pengembangan tanaman aren seluas 79,32 ha. Berdasarkan hal tersebut aren parasi asal desa Barunai Kecamatan Cihara kabupaten Lebak Provinsi Banten ini diusulkan untuk dilepas oleh Menteri Pertanian sebagai varietas unggul dengan nama Aren Parasi.

Deskripsi Aren Parasi

Asal: Kabupaten Lebak Provinsi Banten

Silsilah: Seleksi dari populasi Aren Parasi di desa Barunai Kecamatan Cihara

Tipe Tumbuh: Tegak.

Habitus: Tunggal , berkelompok.

Lingkungan Tumbuh: Lahan kering iklim basah, air tanah dangkal, dan ketinggian >150 m dpl.

Bentuk tanaman: Solitaire.

Umur mulai berproduksi: 6 – 8 Tahun (Semi genjah)

Hasil nira/mayang/hari (liter): 15,0 (± 1,8)

Produksi nira/mayang (liter): 1125 (+ 263,65)

Kadar gula (%): 13,77 (±   1,2 )

Lama berproduksi per mayang (bulan):2,5 (± 0,6 )

Jumlah benih per mayang (butir): + 4840

Jumlah benih per pohon (butir): + 33 880

Ketahanan terhadap hama dan pernyakit: —

Wilayah Pengembangan: Lahan kering iklim basah, air tanah dangkal, dan ketinggian > 500 dpl curah hujan >2000 mm per tahun dengan bulan kering < 3 bulan kering.

Print Friendly