Balit Palma Memperingati Hari Lahir Pancasila

1 Juni 2018 jam 07.00 Wita, bertempat di lapangan Kantor Balit Palma Manado, Seluruh Aparat Sipil Negara (ASN) bersama tenaga honor/harian Balit Palma melaksanakan upacara Bendera memperingati Hari Lahir Pancasila ke 73 Tahun 2018. Sebagai Pembina Upacara adalah kelapa Balit Palma Dr. Ir. Ismail Maskromo, M.Si dan pemimpin upacara Junus Sajangbati, peringatan hari lahir Pancasila berlangsung hikmat.

Dalam amanat upacara, Kabalit Palma membacakan Sambutan Presiden RI dalam rangka Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2018. Dalam penggalan sambutan disampaikan bahwa Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa Kepada kita, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia. Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945. Sebagai bangsa yang majemuk yang terdiri dari 714 suku dengan lebih dari 1.100 bahasa lokal yang hidup di lebih dari 17.000 pulau, semagat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita harus terus menerus bersatu memperkokoh semangat Bhinneka Tunggal Ika. Kita harus bersatu dalam upaya kita untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan bangsa pemimpin. Saya yakin semangat berprestasi itu tertanam kuat di dada para Atlet kita untuk mengibarkan bendera merah putih di Asian Games dan Asian Para-games yang diselenggarakan tahun ini.

Pada kesempatan yang mulia ini, saya ingin mengajak para ulama dan tokoh agama, para guru dan ustad, para politisi dan jajaran aparat pemerintah, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian kita. Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya.

Print Friendly